Delegasi Menteri Lingkungan G20 Kunjungi Program Pemberdayaan Masyarakat di Bali

Jum'at, 02 September 2022 - 18:58 WIB
loading...
Delegasi Menteri Lingkungan G20 Kunjungi Program Pemberdayaan Masyarakat di Bali
Sebanyak 200 pejabat setingkat menteri negara anggota G20, undangan dan organisasi internasional mengunjungi Desa Bongkasa Pertiwi, Abiansemal, Badung, Bali. Foto/Ist
A A A
BADUNG - Sebanyak 200 pejabat setingkat menteri dari negara anggota G20, negara undangan, dan organisasi internasional mengunjungi Desa Bongkasa Pertiwi, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali.

Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian agenda G20 The Third Meeting of the Environment Deputies and Climate Sustainability (3rd EDM-CSWG) dan Joint Environment and Climate Minister’s Meeting (JECMM) yang membahas isu lingkungan dan perubahan iklim.

Baca juga: Sandiaga Uno Nobatkan Desa Wisata Warna Burai Sebagai 50 Desa Wisata Terbaik

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sigit Reliantoro menyatakan, Desa Bongkasa Pertiwi dipilih sebagai contoh sukses pengelolaan lingkungan berbasis masyarakat.

"Visi kemandirian yang dipegang masyarakat untuk dapat mandiri dalam pengelolaan air, pangan, energi, pengelolaan sampah serta pengelolan wisata dapat menjadi daya tarik sekaligus contoh konkrit bagi para perwakilan delegasi G20," kata Sigit Reliantoro dalam keterangannya, Jumat (2/9/2022).



Desa Bongkasa Pertiwi merupakan lokasi program pemberdayaan masyarakat dan merupakan salah satu Desa Wisata yang ditetapkan oleh Bupati Badung sebagai desa wisata yang mandiri, maju, dan sejahtera berlandaskan Tri Hita Karana.

Sejumlah program lain yang dilaksanakan di antaranya kajian pengelolaan PAM Desa dan air minum, pengelolaan kotoran hewan ternak sapi dan babi menjadi energi terbarukan dalam bentuk biogas, penangkaran burung langka di Bali, serta kesejahteraan kelompok difabel.

Baca juga: Indonesia Harapkan Kontribusi ASEAN dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup

Melalui PAM Desa, seluruh masyarakat Desa Bongkasa Pertiwi sudah memperoleh akses air bersih melalui 467 sambungan sekaligus menjadi hidup bersih dan sehat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1934 seconds (11.210#12.26)