IPKEMINDO Sulsel Diharap Mampu Bangun Kepercayaan Publik

Rabu, 31 Agustus 2022 - 14:11 WIB
loading...
IPKEMINDO Sulsel Diharap Mampu Bangun Kepercayaan Publik
Suasana Rakerwil IPKEMINDO Sulsel di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulsel, Selasa (30/8/2022). Foto: Humas Kemenkumham Sulsel
A A A
MAKASSAR - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Ikatan Pembimbing Pemasyarakatan Indonesia (IPKEMINDO) Wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) periode 2022-2025, menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulsel , Selasa (30/8/2022).

Rakerwil ini mengusung tema "Revitalisasi peran DPW IPKEMINDO Sulsel sebagai profesi yang responsif berlandaskan tata nilai PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, Inovatif)". Kegiatan diikuti anggota pengurus dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Balai Pemasyarakatan di Sulsel, meliputi Makassar, Bone, dan Palopo.

Baca juga:Kemenkumham Sulsel Harmonisasi Empat Ranperda Kabupaten Sinjai

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sulsel , Sirajuddin mengatakan, berdasarkan Anggaran Dasar, IPKEMINDO bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi praktis agar terwujud pejabat fungsional Pembimbing Pemasyarakatan (PK) dan Asisten Pembimbing Kemasyarakatan (APK) yang berkualitas dan profesional. Ini untuk mewujudkan pelayanan kepada masyarakat dengan menjunjung perlindungan HAM.

“Seluruh pejabat fungsional PK dan APK wajib menjadi anggota organisasi profesi IPKEMINDO. IPKEMINDO memiliki posisi strategis berperan sebagai pembina, pengembang, dan pengawas mutu pendidikan, pelayanan, dan kehidupan profesi pejabat fungsional PK dan APK,” jelas Sirajudddin dalam sambutannya mewakili Kakanwil Sulsel , Liberti Sitinjak.

Sirajuddin melanjutkan, tugas utama Kemenkumham adalah pembangunan di bidang hukum dan HAM. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Seperti, memperkuat kekuatan internal organisasi, meningkatkan sinergi antara kementerian dan lembaga, dan membuka partisipasi masyarakat seluas-luasnya.

“Saya berharap, pengurus DPW IPKEMINDO Sulsel dapat menjadi agen untuk membangun public trust (kepercayaan publik) dan meminimalkan public complain (mampu mengeliminir komplain masyarakat), melalui program kerja 2022-2025 yang ditetapkan dapat memberikan sumbangsih terbaik buat masyarakat,” ujarnya.

Menutup sambutannya, Sirajuddin berpesan untuk mengukuatkan komitmen dan konsistensi menjadi insan pengayoman yang profesional dan akuntabel, serta kreatif menyikapi berbagai keterbatasan yang ada dengan semangat kebersamaan semakin PASTI dan menjiwai core values ASN BerAHLAK.

Baca juga:Kemenkumham Sulsel Sosialisasi POP HC Melalui Siaran Radio

Sementara itu, Ketua IPKEMINDO Sulsel Andi Marwan mengatakan, anggota IPKEMINDO perlu memahami selain bernaung di organisasi profesi yang senantiasa dikontrol dan dievaluasi oleh pengurus pusat, anggota juga bernaung pada institusi Unit Pelaksana teknis Kemenkumham, baik di Kantor Wilayah maupun di Balai Pemasyarakatan.

Setiap pengurus diharapkan siap dikritisi untuk kemajuan organisasi, serta bekerja secara profesional. Terkait program kerja kedepan akan lebih efektif, berbeda dengan 3 tahun sebelumnya beberapa program kerja terhambat karena pembatasan penanggulangan pandemi Covid-19 .
(luq)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1475 seconds (10.101#12.26)