Kasus HIV/AIDS Marak, Tokoh Jabar Ingatkan Pentingnya Iman dan Adab

Rabu, 31 Agustus 2022 - 12:48 WIB
loading...
Kasus HIV/AIDS Marak, Tokoh Jabar Ingatkan Pentingnya Iman dan Adab
Tokoh Jawa Barat mengingatkan pentingnya iman dan abad untuk mencegah maraknya HIV Aids.Foto/ilustrasi
A A A
BANDUNG - Lonjakan kasus HIV/AIDS di Provinsi Jawa Barat, khususnya Kota Bandung kini menjadi kekhawatiran masyarakat.

Bahkan, kondisi tersebut memicu Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum mengeluarkan pernyataan yang memicu polemik, yakni poligami dan menikah dini sebagai solusi menekan kasus HIV/AIDS

Menanggapi maraknya kasus HIV/AIDS di Provinsi Jabar, sesepuh Jabar, Mochamad Iriawan mengatakan bahwa penularan HIV/AIDS tidak semata-mata diakibatkan oleh seks bebas.

Baca juga: Tekan Lonjakan Kasus HIV/AIDS di Bandung, Wagub Jabar: Izinkan Suami Poligami

Menurutnya, penularan melalui jarum suntik hingga penggunaan narkoba justru diduga menjadi penyebab utama merebaknya virus tersebut. Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini menilai, pencegahan HIV/AIDS harus dilakukan mulai dari tingkatan terendah, yakni keluarga.

Adapun dalam tataran pemerintahan, kata Iwan, Pemprov Jabar sebenarnya sudah memiliki program penanggulangan HIV/AIDS yang tercantum dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 Tahun 2013 tentang Ketahanan Keluarga.

"Di sini perlu digarisbawahi bahwa keluarga tak hanya harus mendidik anak dalam masalah yang berkaitan dengan ilmu yang dipelajari di sekolah saja. Namun, juga terkait hal lain yang tak kalah penting, seperti pendidikan karakter dan ilmu agama," kata Iwan, Rabu (31/8/2022).

Menurut Iwan, ilmu agama dan ilmu adab sangat penting. Jika kedua ilmu tersebut dipahami, maka setiap anak pun akan memiliki iman dan adab yang baik.

"Jika si anak telah paham tentang ilmu adab dan ilmu agama, maka untuk mendekati hal yang membahayakan dirinya, seperti seks bebas atau narkoba yang jadi cikal bakal HIV/AIDS bisa dicegah atas dasar nilai-nilai iman dan adab yang diajarkan," jelasnya.

Lebih lanjut Iwan mengatakan, perlindungan anak secara intensif harus dilakukan sejak dini. Pasalnya, kasus HIV/AIDS juga bisa terjadi akibat hubungan sesama jenis dari anak-anak yang sebelumnya pernah menjadi korban asusila.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0959 seconds (0.1#10.140)