Gelombang Pasang 4 Meter Terjang Pantai Batu Hiu, Ini Penjelasan BMKG

Selasa, 30 Agustus 2022 - 15:35 WIB
loading...
Gelombang Pasang 4 Meter Terjang Pantai Batu Hiu, Ini Penjelasan BMKG
Tangkapan layar gelombang pasang di Pantai Batu Hiu. Foto: Istimewa
A A A
BANDUNG - Gelombang pasang setinggi 4 meter menerjang Pantai Batu Hiu di Kampung Golempang, RT001/001, Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran , Selasa (30/8/2022).

Gelombang pasang bahkan menyentuh bibir pantai hingga beberapa jongkok PKL di kawasan wisata tersebut. Kendati begitu, laporan dari unsur kewilayahan setempat, untuk sementara tidak ada laporan korban jiwa. Di kawasan tersebut juga sedang tidak ada wisatawan yang berkunjung.



Gelombang pasang terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Gelombang tersebut datang dari Tengah laut dengan ketinggian air kurang lebih sekitar 4 Meter, dan air laut tersebut hanya sampai ke parkiran sebelah Barat Objek Wisata Batu Hiu.



Menanggapi hal tersebut, Kepala BMKG Stasiun Bandung Teguh Rahayu mengatakan, gelombang tinggi di perairan Pangandaran memang diperkirakan pada kategori sangat tinggi, antara 4 hingga 6 meter. “Gelombang tinggi ini diperkirakan terjadi hingga dua hari ke depan,” katanya.

BMKG mengimbau masyarakat yang akan berwisata atau melakukan aktivitas agar tetap waspada. Jangan dulu melakukan aktivitas seperti berenang, mandi, berselancar, atau menaiki perahu di pantai, sampai kondisi laut kembali aman untuk melakukan aktivitas.



"Nelayan maupun pengguna transportasi laut untuk tetap waspada serta tidak melakukan aktivitas di laut sesuai dengan peringatan dini dari BMKG, " kata dia.

Selain laut Pangandaran, gelombang tinggi juga diperkirakan terjadi di sepanjang laut wilayah Sukabumi, Cianjur, Garut, hingga Pangandaran.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3635 seconds (0.1#10.140)