Longsor di Toba Rusak Rumah dan Jalinsum Medan-Tarutung Tertimbun

Minggu, 28 Agustus 2022 - 16:28 WIB
loading...
Longsor di Toba Rusak Rumah dan Jalinsum Medan-Tarutung Tertimbun
Petugas mengatur lalu lintas di Jalinsum Medan-Tarutung di Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba yang tertutup akibat longsor, Minggu (28/8/2022). Foto: Istimewa
A A A
TOBA - Hujan deras yang melanda Kabupaten Toba , Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengakibatkan longsor di Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumban Julu, Minggu dini hari WIB (28/8/2022).

Tidak ada korban dalam bencana itu, namun 1 unit rumah penduduk rusak hingga material longsor menutup Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Medan – Tarutung.



Kasi Humas Polres Toba, Iptu Bungaran Samosir menerangkan, bencana longsor terjadi mengakibatkan Jalinsum Medan-Tarutung putus total. Badan jalan tertimbun tanah dan material hingga jalan tidak dapat dilintasi, tepatnya di Desa Jangga Dolok, Lumban Julu Toba.



"Longsor yang membawa material lumpur, batu dan kayu, hingga badan Jalinsum tertutup yang mengakibatkan kemacetan puluhan kilometer,” beber Bungaran Samosir kepada MPI, Minggu (28/8/2022).

Bungaran mengatakan, pihaknya mendapat informasi bahwa telah terjadi longsor di Desa Jangga Dolok, dengan secepatnya Polsek Lumban Julu turun ke TKP dan melakukan upaya evakuasi dan melakukan koordinasi kepada instansi terkait untuk segera melakukan pembukaan jalan dengan menurunkan alat berat.



Informasi dari masyarakat, hujan sudah turun di wilayah itu dari mulai Sabtu sore (27/8/2022) hingga malam hari. Hingga longsor tebing terjadi Minggu dini hari (28/8/ 2022), sekitar Pukul 02.00 WIB. Longsor menutup akses jalan, sehingga macet terjadi pada Jalinsum mulai dari Parapat hingga ke Kecamatan Porsea Toba.

"Dua unit alat berat diturunkan ke lokasi, guna pembersihan material longsor. Akhirnya jalan sudah bisa dilalui dengan sistem buka tutup. Kendaraan sempat berlapis dan sudah berjalan dengan normal kembali," ujarnya.

Bungaran memastikan tidak ada korban jiwa. Evakuasi dan pembersihan material longsor melibatkan Plt Camat Lumban Julu Herta Simanjuntak, Wakapolres, Kabag Ops, Kapolsek Lumbanjulu AKP Robinson Sembiring, personil Polsek Lumban Julu, anggota Koramil 12 Lumban Julu beserta dibantu penduduk sekitar.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)