Kunjungi Lapas Palopo, Irwil Kemenkumham Berpesan Soal Ini

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 08:02 WIB
loading...
Kunjungi Lapas Palopo, Irwil Kemenkumham Berpesan Soal Ini
Inspektur Wilayah I (Irwil I) Inspekorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia (Itjen Kemenkumham RI), Icon Siregar, melakukan kunjungan ke Lapas Kelas IIA Palopo, belum lama ini. Foto/Dok Kemenkumham Sulsel
A A A
PALOPO - Inspektur Wilayah I (Irwil I) Inspekorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia (Itjen Kemenkumham RI), Icon Siregar, melakukan kunjungan ke Lapas Kelas IIA Palopo , belum lama ini. Didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel , Suprapto, Icon memberikan berpesan mengenai beberapa hal perihal upaya peningkatan kinerja dan layanan.

Ia menyebut untuk membangun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang bebas dari lorupsi dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pola perilaku yang berintegritas dari masing-masing Aparatur Sipil Negara (ASN).

Baca Juga: 544 Narapidana Lapas Palopo Dapat Remisi Kemerdekaan

Pada kesempatan itu, Icon juga mengapresiasi jajaran Lapas Palopo karena telah menciptakan Lapas yang bersih.

“Kunjungan ini adalah kunjungan pertama saya bersama tim dan Lapas Palopo berhasil menciptakan kantor yang bersih, dapur yang juga bersih dan telah bersertifikat laik higenis serta bersertifikat Halal dari MuI,” ungkap Icon.

Selain itu, Icon juga mengapresiasi keberagaman pembinaan kemandirian kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Palopo. “Branggang di Lapas Palopo terlihat hijau karena digunakan sebagai tempat bertani bagi warga binaan dan beberapa waktu lalu sudah dipanen untuk digunakan sebagai Bahan Makanan (Bama) bagi WBP,” tutur Icon.

Pada saat yang sama, Icon juga berpesan kepala satuan kerja menjadi sebagai role model dan peduli serta serius dalam memberikan kemajuan organisasi.

Memasuki musim politik, Icon menghimbau agar tidak terlibat dalam politik praktis dan menghindari perilaku menyimpang sebagai seorang ASN. “Selain itu, kita juga saat ini sedang mengkapanyekan agar menggunakan produk dalam negeri khususnya produk Lapas/rutan. Caranya, dengan membuka galeri kerjasama di Mall, pasar, dan sebagai untuk dapam memamerkan produk WBP,” ucapnya.

Selanjutnya Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sulawesi Selatan , Suprapto, juga menyampaikan apresiasi akan kinerja dan kerja keras Kalapas Palopo dan pegawainya dalam menindaklanjuti arahan Inspektur Jenderal dan berharap ini berjalan konsisten dan berkesinambungan.

Baca Juga: Lapas Palopo Tuan Rumah Ibadah Oikumene Kemenkumham se-Indonesia

Sementara itu, Kalapas Palopo, Jhonny H. Gultom, menyampaikan kunjungan Inspektur Wilayah I merupakan suatu kebanggan bagi Lapas Palopo. Untuk itu, Pihaknya akan terus mewujudkan Lapas Palopo “HEBat-Humanis, Edukatif dan Bermartabat," tutup dia.

Pengarahan ini diikuti oleh seluruh kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulsel.
(tri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2865 seconds (11.210#12.26)