Kemenkominfo Gelar Workshop Adopsi Teknologi Digital Sektor Kesehatan di Kota Tual

Kamis, 25 Agustus 2022 - 06:32 WIB
loading...
Kemenkominfo Gelar Workshop Adopsi Teknologi Digital Sektor Kesehatan di Kota Tual
Workshop Kemenkominfo. Foto: Istimewa
A A A
TUAL - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) secara konsisten terus melakukan upaya digitalisasi tehadap sejumlah sektor strategis di seluruh Indonesia.

Pada Sabtu 20 Agustus 2022, Kemenkominfo melalui Direktorat Ekonomi Digital, menyelenggarakan Workshop Adopsi Teknologi Digital Sektor Kesehatan.

Kegiatan workshop yang dilakukan di Kota Tual, Maluku, itu digelar untuk memberikan pemahaman terkait teknologi digital di sektor kesehatan kepada tenaga kesehatan bidan.



Kesehatan adalah salah satu dari 5 sektor strategis lainnya yang menjadi prioritas Direktorat Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika yang masuk dalam program Adopsi Teknologi Digital.

“Direktorat Ekonomi Digital memiliki program Adopsi Teknologi Digital di 6 Sektor Strategis dengan beberapa inisiatif digital di Sektor Pertanian, Sektor Maritim, Sektor Pendidikan, Sektor Logistik, Sektor Pariwisata dan Sektor Kesehatan,” jelas Ketua Tim Transformasi Digital Sektor Strategis Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata Direktorat Ekonomi Digital, Dikki Rukmana, dikutip Kamis (25/8/2022).

Sebanyak 40 peserta yang berprofesi bidan dari 4 Puskesmas terpilih mengikuti pelatihan ekosistem digital kesehatan maternal.



Dengan pelatihan tersebut, para peserta diharapkan bisa menguasai dan paham dengan ekosistem teknologi digital seperti aplikasi Bidan, dashboard untuk Puskesmas dan Dinas Kesehatan Daerah, serta alat kesehatan diagnostik (tele cardiotocography) yang berfungsi untuk mendeteksi dini faktor risiko kematian ibu, kematian bayi dan stunting.

Tentunya kegiatan tersebut menjadi sebuah harapan yang besar terhadap sektor kesehatan khususnya bagi masyarakat Tual, hal itu sesuai dengan yang disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual Nurhamsa Mandak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)