Anomali Cuaca, BPBD Sumsel Peringatkan 4 Daerah Ini Waspada Banjir

Senin, 22 Agustus 2022 - 22:57 WIB
loading...
Anomali Cuaca, BPBD Sumsel Peringatkan 4 Daerah Ini Waspada Banjir
Warga terpaksa mendorong mobil yang mogok di tengah genangan banjir. BPBD Sumsel memperingatkan 4 daerah waspada banjir. Foto: SINDOnews/Dede Febriansyah
A A A
PALEMBANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan ( Sumsel ) memperingatkan agar warga di empat daerah bersiaga mengatasi banjir lantaran anomali cuaca di wilayah tersebut.

Kabid Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori mengatakan, terkait anomali cuaca tersebut, seluruh warga di 17 kabupaten/kota diminta bersiaga dan waspada terhadap tingginya intensitas hujan yang disertai petir dan angin kencang.

Baca juga: Tidak Terima Anaknya Ditagih Utang, Kakek di Palembang Marah Keluarkan Celurit dan Keris

"Meski saat ini kita masih dalam kondisi siaga karhutla, namun tidak menutup kemungkinan Sumsel menghadapi ancaman bencana banjir terkait anomali cuaca saat ini. Meski begitu, tim saat ini standby secara mobile terkait kebencanaan," ujar Ansori, Senin (22/8/2022).



Ansori menjelaskan, BPBD Sumsel telah membuka posko antisipasi bencana untuk menghadapi karhutla. Namun karena perubahan cuaca yang terjadi, tim menggunakan posko tersebut untuk antisipasi bencana Hidrometeorologi.

"Personel sudah siap, tinggal peralatannya kita mobilisasi ke lokasi kalau ada bencana," bebernya.

Baca juga: Banjir Terjang Permukiman Warga Muara Enim, BPBD Sumsel Pastikan Logistik Mencukupi

Ansori mengimbau, agar sejumlah wilayah seperti Lahat, Empat Lawang dan Muara Enim bersiaga terhadap bencana hidrometeorologi. Terkait anomali cuaca, sejumlah daerah lainnya seperti Palembang, OKI, Pagar Alam, Muba, OKU, Banyuasin, OKU Timur, OKU Selatan, Ogan Ilir dan OKI juga diminta waspada.

"Kita harus waspada terhadap anomali cuaca ini. Dan masyarakat yang beraktivitas di luar rumah juga diminta untuk berhati-hati," pungkasnya.
(nic)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2143 seconds (10.55#12.26)