HDKD ke-77 Jadi Momentum Wujudkan Kemenkumham Berkelas Dunia

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 07:13 WIB
loading...
HDKD ke-77 Jadi Momentum Wujudkan Kemenkumham Berkelas Dunia
Kanwil Kemenkumham Sulsel menggelar upacara peringatan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) ke-77 Kemenkumham. Upacara HDKD dilaksanakan di Lapas Watampone, Jumat (19/8/2022). Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan ( Kanwil Kemenkumham Sulsel ) menggelar upacara peringatan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) ke-77 Kemenkumham. Upacara HDKD dilaksanakan di Lapas Watampone, Jumat (19/8/2022).

Kakanwil Kemenkumham Sulsel , Liberti Sitinjak, bertindak selaku Inspektur upacara dan Kepala Lapas Watampone, Saripuddin Nakku, bertindak selaku Komandan Upacara.



Liberti menyebut sebagaimana sambutan Menkumham, pihaknya mengajak jajaran Kemenkumham untuk memaknai pertambahan usia Kemenkumham dengan baik.

“Peringatan Hari Dharma Karya Dhika harus menjadi momentum untuk melakukan introspeksi dalam mewujudkan Kemenkumham yang berkelas dunia dan memilki keunggulan kompetitif era society 5.0. dengan mewujudkan Sumber Daya yang Kreatif dan memiliki kemampuan kolaborasi yang baik," ungkap dia.

Guna mewujudkan hal tersebut, Liberti menekankan enam hal kepada jajaran Kemenkumham: (1) Jajaran Kemenkumham harus mampu mensikapi dengan netral Tahun 2023 dan Tahun 2024 yang akan 'hangat' karena menjadi Tahun Politik; (2) Menkumham meminta agar pegawai Kemenkumham menjaga kesehatan sehingga kinerja dan produktifitas tidak tertanggu mengingat Pandemi COVID-19 yang belum selesai; (3) Sikapi krisis energi pangan dengan baik untuk menghadapi situasi kedaruratan, miliki tenggang rasa dan kepedulian untuk membantu sesama.

Selanjutnya, (4) Sikapi perkembangan Teknologi Informasi dengan baik sehingga kinerja lebih cepat dan memiliki akurasi tinggi; (5) Jaga diri dari berbagai indikasi buruk seperti penyalahgunaan narkoba, radikalisme dan kejahatan seksual yang tidak boleh terjadi; dan (6) Bentengi jajaran dengan Iman dan Taqwa.

Liberti melanjutkan bahwa tema peringatan HDKD 2022 'Dengan Semangat Kebersamaan, Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin PASTI dan Berakhlak'. Tema ini menjadi landasan Kemenkumham dalam melaksanakan tugas utama.

Dalam penyampaiannya, Liberti mengatakan Menkumham ingin apa yang menjadi harapan-harapan bersama dapat dimaknai dan dipahami serta diimplementasikan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab oleh seluruh jajaran.

“Semoga usia 77 ini, Tuhan senantiasa memberi petunjuk, kemudahan, perlindungan bagi jajaran Kemenkumham dalam melanjutkan pengabdian bagi masyarakat, bangsa dan negara," pesan Liberti kepada seluruh peserta upacara.



Usai pelaksanaan upacara, Liberti beserta jajaran melakukan pelepasan balon ke udara, pemotongan kue, pemotongan nasi tumpeng, dan pembagian piala dan hadiah kepada para pemenang lomba yang telah mengikuti perlombaan HDKD ke-77 beberapa waktu yang lalu.

Upacara HDKD turut dihadiri Kepala Divisi Administrasi Sirajuddin, Kepala Divisi Keimigrasian Jaya Saputra, Kepala Divisi Pemasyarakatan Suprapto, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Nur Ichwan, dan Seluruh Pejabat Struktural, dan Fungsional serta dihadiri oleh Seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Sulawesi Selatan, Unsur Muspida, dan Jajaran Forkopimda Kabupaten Bone.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4473 seconds (0.1#10.140)