Kenaikan Pangkat 368 Personel Polda Sulut Digelar di Pantai Malalayang

Selasa, 30 Juni 2020 - 15:30 WIB
loading...
Kenaikan Pangkat 368 Personel Polda Sulut Digelar di Pantai Malalayang
Seluruh personel yang naik pangkat harus berdiri di pantai dengan posisi setengah badan terendam di air laut pantai Malalayang. FOTO : IST
A A A
MANADO - Sebanyak 368 orang personel Polda Sulut dan jajaran naik pangkat. 189 personel di antaranya yang bertugas di Polda. Dari 189 personel tersebut, 17 di antaranya PNS Polri dan tujuh orang lainnya dilantik menjadi pangkat Komisaris Besar Polisi di bawah air dengan kedalaman 10 meter.

Upacara korps raport kenaikan pangkat anggota Polri periode 1 Juli 2020 dan PNS Polri periode 1 April 2020 dilaksanakan berbeda dari biasanya, kali ini dilaksanakan di Pantai Malalayang Manado , Selasa (30/6/2020) pukul 14.00 Wita.

Seluruh personel yang naik pangkat harus berdiri di pantai dengan posisi setengah badan terendam di air laut.

Upacara kenaikan pangkat ini dipimpin langsung Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa dan dihadiri oleh Wakapolda Sulut Brigjen Pol Yadi Suryadinata dan para pejabat utama Polda.

Menurut Kapolda pelaksanaan kegiatan sengaja dibuat di alam terbuka, tidak di ruang tertutup, agar bisa menghirup udara segar dan mendapat sinar matahari.

“Biar anggota juga tahu bahwa 80 sampai 90 persen wilayah Sulut terdiri dari laut. Begitu besar luas lautan yang harus kita jaga dan kita layani,” kata Kapolda.(Baca juga : Kapal China Masuk Perairan Teluk Amurang, Lantamal VIII Lakukan Waspam )

Kenaikan pangkat ini juga katanya bukan hal yang biasa. “Itu butuh perjalanan yang panjang, butuh perjuangan dan itu diproklamirkan dengan pengorbanan kecil secara simbolis berada di pantai ini dengan menceburkan badannya sebatas pinggang,” ujarnya.

Kapolda mengucapkan selamat dan sukses bagi personel yang menerima kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

“Selamat atas kenaikan pangkat saudara-saudara yang luar biasa. Kita (polisi) hidup di semua habitat, ada darat, laut dan udara, perbukitan, lembah. Jadi polisi harus ada di habitat-habitat itu. Sukses selalu, sampaikan terima kasih kepada Tuhan, sampaikan terima kasih kepada anak, isteri, suami sanak keluarga, bahwa pangkat yang diberikan juga berkat dukungan dari mereka-mereka,” tandasnya.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)