Partai Perindo Gelar Lomba Semarak HUT Ke-77 RI Seluruh Nusantara, DPW Papua Juara 3 Nasional

Kamis, 18 Agustus 2022 - 13:07 WIB
loading...
Partai Perindo Gelar Lomba Semarak HUT Ke-77 RI Seluruh Nusantara, DPW Papua Juara 3 Nasional
Semarak Hari Ulang Tahun (HUR) ke -77 Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2022 turut dirayakan oleh DPP dan DPW Partai Perindo seluruh nusantara dengan menggelar perlombaan. Foto SINDOnews
A A A
JAYAPURA - Semarak Hari Ulang Tahun (HUR) ke -77 Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2022 turut dirayakan oleh DPP dan DPW Partai Perindo seluruh nusantara dengan menggelar perlombaan membuat tumpeng dan menyayikan lagu daerah. DPW Perindo Papua keluar sebagai juara 3 nasional lomba membuat tumpeng.

Ketua DPW Papua, dr. Raflus Doranggi, MH mengatakan, dua jenis lomba yang diikuti oleh DPW se-Indonesia adalah lomba membuat tumpeng dan lomba nyanyi dengan mengangkat tema lokal atau daerah masing-masing.



"DPW Partai Perindo Provinsi Papua turut ambil bagian dalam perlombaan ini. Perlombaan dipusatkan di Kantor DPW Perindo Papua, Kompleks Ruko Kelapa II Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Perlombaan diikuti oleh pengurus DPW Papua dan kader Partai Perindo," kata Raflus, Rabu 17 Agustus 2022.

Jalannya perlombaan dimulai pukul 10.00 WIT, sesuai jadwal secara virtual dari DPP Perindo di Jakarta pada pukul 08.00 WIB. DPW Papua, lanjut dia, membuat tumpeng dari bahan lokal. Bete (rumpun ubi talas/keladi) dan dipadu dengan bahan dari wilayah Indonesia barat lainnya seperti sayur urap, tahu, tempe dan daging ayam.

"Tumpeng ini diberi nama Tumpeng Bhineka Tunggal Ika. Sementara lagu yang dinyanyikan berjudul “Embai” dari bahasa Waropen Papua," katanya, Kamis (18/8/2022).

Filosofi Tumpeng Bhineka Tunggal adalah berkaitan dengan keberagaman suku dan budaya yang ada di Indonesia, termasuk di Papua. "Tumpeng Bhineka Tunggal Ika adalah gambaran dari Papua menjadi rumah bersama untuk keanekaragaman budaya, etnis, agama, suku dan ras. Indonesia mini dapat ditemukan di Provinsi Papua ini," jelasnya.

Menurutnya, jerih lelah Ibu Veneranda Kirihio, Wakil Sekretaris DPW Papua dan tim mempersiapkan perlombaan ini terbayar dengan hasil penilaian tim juri DPP. Hasil penilaian dewan juri, DPW Papua dinyatakan sebagai juara tiga tingkat nasional.

Sementara itu, Sekretaris DPW Papua, Kamilus Logo, S.IP menyambut positif perayaan HUT RI tahun 2022 yang dilaksanakan DPP dan DPW seluruh Indonesia dan dikemas dengan tema 'Pesta Rakyat Kemerdekaan'.

"Kami sangat mengapresiasi perayaan ini. Selain untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia, juga sebagai bagian dari mempererat persatuan dan kesatuan di internal partai menyongsong verifikasi faktual dan target pemenangan di Pemilu tahun 2024," katanya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2215 seconds (0.1#10.140)