Puluhan Rumah di Kabupaten Malang Rusak Dilanda Angin Kencang

Minggu, 14 Agustus 2022 - 17:58 WIB
loading...
Puluhan Rumah di Kabupaten Malang Rusak Dilanda Angin Kencang
Hujan deras disertai angin kencang juga menerjang wilayah Kabupaten Malang. Akibatnya puluhan rumah dilaporkan rusak terdampak hujan angin yang terjadi pada Sabtu (13/8/2022). (Ist)
A A A
MALANG - Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kabupaten Malang. Akibatnya puluhan rumah dilaporkan rusak terdampak hujan angin yang terjadi pada Sabtu (13/8/2022).

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan menjelaskan, ada sekitar 28 rumah di Desa Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang yang terdampak hujan disertai angin kencang.

Jumlah itu merupakan total keseluruhan yang telah didata oleh pihak BPBD, PMI, dan relawan bencana setempat. "Dari informasi masuk hujan disertai angin kencang terjadi pada Sabtu kemarin (13/8/2022) sekitar pukul 14.00 WIB, dan kami terima pukul 14.24 WIB," ucap Sadono Irawan saat dikonfirmasi MNC Portal, pada Minggu (14/8/2022).

Menurutnya, sebagian besar kerusakan rumah terjadi pada atapnya yang terbang karena angin. Tak hanya itu, beberapa genteng juga rusak, bahkan ada yang nyaris merusak setengah lebih dari bagian rumah tersebut.

"Hujan intensitas sedang hingga tinggi disertai angin di wilayah Kabupaten Malang, menyebabkan beberapa rumah warga Dusun Sememek atap rumah rusak dan pohon tumbang menimpa rumah," ungkap dia.

Baca: Kronologi Truk Fuso Maut Tewaskan 5 Orang di Cianjur.

Ada tiga kategori kerusakan dikatakan Sadono, yang terjadi akibat hujan dan angin puting beliung yang sempat terjadi di Desa Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang.

"Pertama rumah dengan kerusakan ringan ada 20 rumah, ruang rusak sedang 8 unit, dan satu fasilitas umum rusak kena dampak angin kencang," ujarnya.

Baca Juga: Mengaku Dicabuli Oknum Ustaz, Santri Pesantren di Katapang Bandung Lapor Polisi.

Beruntung, akibat kejadian ini tak ada korban jiwa maupun luka, hanya kerugian dilaporkan mencapai ratusan juta rupiah. Pihak BPBD dibantu instansi PMI, perangkat desa setempat sepanjang Minggu membersihkan material rumah yang rusak.

"Kami juga distribusikan terpal, sembako, serta berkoordinasi dengan OPD dan perangkat desa terkait untuk proses perbaikan rumah," pungkasnya.
(nag)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1778 seconds (11.252#12.26)