Resahkan Pemilik Rumah, Ular yang Sembunyi di Bawah Lemari Berhasil Diamankan

Rabu, 10 Agustus 2022 - 00:17 WIB
loading...
Resahkan Pemilik Rumah, Ular yang Sembunyi di Bawah Lemari Berhasil Diamankan
Petugas Damkar Kota Cimahi menunjukkan ular sawo kopi dan tokek yang berhasil diamankan dari rumah warga yang bersembunyi di bawah lemari. (Ist)
A A A
CIMAHI - Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi berhasil mengevakuasi ular dan tokek yang berada di rumah warga di Jalan Pesantren Komplek PPTM Blok C, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara.

Kepala Seksi (Kasi) Penanggulangan dan Penyelamatan, Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Aep Mulyana menyebutkan, awalnya menerima laporan adanya ular masuk rumah yang membuat pemilik rumah resah.

Petugas yang meluncur ke lokasi, tanpa menemui kesulitan berhasil mengevakuasi ular berbisa tersebut dengan menggunakan APD dan alat khusus grab stick. Namun di rumah itu pun ada tokek yang cukup mengganggu pemilik rumah.

"Awalnya kami mengamankan ular, tapi karena di situ juga ada tokek pemilik rumah meminta agar diamankan juga. Akhirnya kami menangkap keduanya," ucapnya, Selasa (9/8/2022).

Dirinya menduga keberadaan ular tersebut kemungkinan berasal dari kebun atau sawah yang ada di sekitar rumah. Jenisnya adalah ular sawo kopi yang memiliki diameter 1,5 sentimeter dan panjang 50 sentimeter.

"Ular itu masuk ke kolong lemari dan membuat pemilik rumah khawatir digigit. Kalau tokek ditangkap saat sedang bersembunti di atas lemari," sambungnya.

Menurutnya, keberadaan ular yang kerap muncul dan masuk ke rumah warga salah satunya karena perubahan cuaca. Sebab ular yang tadinya berada di pegunungan terbawa aliran air, dan masuk ke sungai, lalu ke area tempat tinggal warga.

Baca: Tragis! Rosyad Tewas Tertimpa Besi saat Bongkar Muat Barang di Kapal Pelabuhan JIIPE.

Selain itu bisa juga akibat habitatnya mulai menyempit terdesak oleh permukiman penduduk, sehingga ular merangsek bersembunyi di rumah. Bisa jadi juga kemarin-kemarin saatnya musim kawin ular, jadi sekarang banyak ular yang berkeliaran.

Baca Juga: Suami Jual Istri untuk Layanan Kenikmatan Ranjang, Lalu Ditonton dari Plafon.

Pihaknya mengimbau warga untuk selalu waspada dengan kemunculan binatang reptil tersebut. Ventilasi rumah, lubang-lubang pembuangan air dan sebagainya sebaiknya pakai ram kawat, agar ular tidak bisa bebas masuk rumah.

"Tetap waapada dan kalau memang kondisinya darurat butuh pertolongan, silakan hubungi anggota kami," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2007 seconds (0.1#10.140)