Hati Putih Bersinar pada Lambang PSHT Ternyata Punya Makna Mendalam

Selasa, 09 Agustus 2022 - 17:58 WIB
loading...
Hati Putih Bersinar pada Lambang PSHT Ternyata Punya Makna Mendalam
Persaudaraan Setia Hati Terate atau PSHT memiliki lambang dengan makna tersendiri. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Persaudaraan Setia Hati Terate atau PSHT memiliki lambang dengan makna tersendiri. Apalagi bentuk hati bersinar yang berada di tengah pemilik arti mendalam.

Organisasi olahraga yang dibentuk oleh Ki Hajar Hardjo Oetomo pada tahun 1888 sampai 1952 ini merupakan salah satu aliran pencak silat asli Indonesia. Di mana pada lambang PSHT terdiri dari beberapa bentuk, mulai dari persegi empat panjang, bunga teratai, hingga hati putih bertepi merah yang bersinar.

Baca juga : Provokasi Perusakan Tugu, Warga PSHT Diminta Menahan Diri

Sebagai bagian tengah dalam simbol PSHT, hati putih bertepi merah yang memancarkan sinar memiliki makna yang lebih mendalam dalam menggambarkan organisasi olahraga tersebut.

Mulai dari hati putih bertepi merah yang merepresentasikan bahwa cinta kasih memiliki batasan. Warna putih sendiri memiliki arti kesucian hati atau para anggota PSHT yang harus memiliki hati suci atau tidak menginginkan kepemilikan.

Sementara tepian merah itu melambangkan batasan dalam cinta kasih. Di mana jika tidak diberikan batasan maka akan melahirkan kebencian yang tak berujung.

Untuk sinar berwarna putih ini mengartikan hukum alam atau karma. Sehingga memberikan pengertian bahwa manusia akan memetik apa yang ditanamnya, atau jika tidak ingin disakiti maka jangan menyakiti orang lain.

Dilansir dari jiwa setia hati, Warna putih sendiri dipilih karena menyimbolkan kebersihan batin dan untuk sinarnya sendiri mengartikan simbol dari konsep persaudaraan.

Baca juga : Penjelasan PSHT Terkait Status Warga Kehormatan Azis Syamsuddin

Makna lain dari pancaran sinar putih tersebut mengandung arti bahwa anggota PSHT harus dapat menciptakan suasana tentram, bermanfaat bagi individu lain, welas asih dan menciptakan perdamaian dimanapun dia berada

Kemudian, sinar tersebut juga menggambarkan bahwa anggota PSHT dapat memancarkan cinta kasih untuk semua makhluk berdasar akal dan hati yang baik dan benar supaya mendapat balasan yang baik pula.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa di mana pun adanya seorang anggota PSHT dapat memberikan pancaran kasih sayang terhadap setiap orang yang berdasar pada kebaikan dan kebenaran. Itulah makna mendalam dari lambang hati bersinar milik PSHT yang memiliki makna mendalam.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1011 seconds (0.1#10.140)