Miliki Pesona Bawah Laut, Wisata Bahari Kota Tidore Berkelas Dunia

Selasa, 09 Agustus 2022 - 14:04 WIB
loading...
Miliki Pesona Bawah Laut, Wisata Bahari Kota Tidore Berkelas Dunia
Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt Ali Ibrahim beraudiensi dengan Ketua Umum PB POSSI, Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto. Foto: Istimewa
A A A
TIDORE KEPULAUAN - Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan penyerapan tenaga kerja dari sektor pariwisata dapat menggerakkan perekonomian di Kota Tidore Kepulauan.

Hal ini disampaikan Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI), DR Rachma Fitriati, usai mendampingi Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt Ali Ibrahim beraudiensi dengan Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI), Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto.

“Dari data yang ada dalam RPJMD Kota Tidore Kepulauan tahun 2021-2026, menunjukkan bahwa salah satu potensi utama yang dimiliki oleh Kota Tidore Kepulauan adalah keindahan alam berupa pantai, laut, dan pulau-pulau kecil, terutama dengan mengembangkan wisata menyelam (scuba diving),” ujar Rachma, Selasa (9/8/2022).



Rachma menuturkan, bahwa daya tarik wisata selam terletak pada konservasi lingkungan alam bawah laut dan pelestarian warisan budaya yang dikelola langsung oleh masyarakat sekitar.

"Untuk itu, kami bersama Pemkot Tidore Kepulauan dan PB POSSI dengan melibatkan Pentahelix, berencana menggelar Focus Group Discussion (FGD). Adapun tema yang diangkat Membangun Daya Saing Pariwisata Bahari Berkelanjutan Wisata Selam Berkelas Dunia Kota Tidore Kepulauan Maluku Utara," tuturnya.

Penekanannya, lanjut Rachma, pada penyusunan kebijakan yang local wisdom berpihak pada masyarakat yang akan disampaikan Prof Azhar Kasim.

"Kita ingin kebangkitan ekonomi di Kota Tidore, akan menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja ini bisa hadir bersama-sama dengan masyarakat," sebutnya.



“Rencananya kami laksanakan dalam waktu dekat ini dan tentunya akan melibatkan seluruh stakeholders sehingga FGD ini nantinya dapat melahirkan rekomendasi yang implementatif dengan berbagai macam peluang yang ada di Kota Tidore Kepulauan,” sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2291 seconds (0.1#10.140)