Kisah Raden Saleh dan Masterpiece Lukisan Banjir Jawa yang Hilang Misterius

Selasa, 09 Agustus 2022 - 07:05 WIB
loading...
A A A
Pameran lukisan yang digelar Raden Saleh menarik perhatian masyarakat Batavia, terutama para peminat seni. Dalam waktu yang cukup lama, menjadi pusat perhatian. Dalam kesempatan itu Raden Saleh juga melakukan kegiatan bersifat sosial.

Melalui Djati gesticht, yakni yayasan untuk tujuan sosial, ia banyak menyumbang ke masyarakat. Raden Saleh menunjukkan dua peran sekaligus: “Sebagai seorang seniman dan dermawan”.

Munculnya lukisan Watersnood op Midden Java atau kadang disebut Overstroming op Java di pameran menyedot perhatian. Banyak yang menyebut Watersnood op Midden yang disinyalir terpengaruh lukisan Le Radeau de la Meduse karya Theodore Gericault, sebagai puncak karya Raden Saleh.

Dalam catatan Die PreuBische Expedition nach Ostasien wahrend der Jahre 1860-1862, Gustav Spieb menulis, di tahun 1862 itu lukisan Watersnood op Midden kemudian dikirimkan Raden Saleh kepada Raja Belanda Willem III.

Kemungkinan besar lukisan Watersnood op Midden kemudian ditempatkan sebagai koleksi seni Huis van Oranje Nassau. Namun dalam perjalanannya lukisan tersebut tidak bisa lagi dilacak keberadaannya.

Yang ditemukan hanya litografinya dalam buku De Indische Archipel: Tafereelen uit de Natuur en Het Volksleven in Indie yang dicetak mewah. Semua gambar lukisan Watersnood op Midden yang beredar di umum, bersumber dari litografi berwarna yang dibuat untuk Mieling.

“Sekarang lukisan itu tidak ditemukan lagi sebagai inventaris Huis van Oranje Nassau,” tulis peneliti asing Werner Kraus dalam Raden Saleh Kehidupan dan Karyanya.

Sementara di akhir hayatnya, Raden Saleh yang kembali bertempat tinggal di Buitenzorg (Bogor) pada Februari 1879, menjalani kehidupan yang memprihatinkan. Ia terlilit masalah keuangan yang serius. Setelah didahului serangan stroke, pada 23 April 1880, perupa yang dijuluki masyarakat Eropa, Pangeran dari Jawa itu meninggal dunia.
(nic)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1381 seconds (0.1#10.140)