Viral Geng Motor Bersenjata Tajam Resahkan Warga Jambi, Ini Fakta Sebenarnya

Kamis, 04 Agustus 2022 - 19:31 WIB
loading...
Viral Geng Motor Bersenjata Tajam Resahkan Warga Jambi, Ini Fakta Sebenarnya
Dirreskrimum Polda Jambi, Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira menjelaskan beredarnya video puluhan remaja geng motor membawa senjata tajam di sejumlah group WhatsApp dan medsos. Foto/MPI/Azhari Sultan
A A A
JAMBI - Masyarakat Kota Jambi dibuat resah dan ketakutan dengan beredarnya video puluhan remaja geng motor membawa senjata tajam di sejumlah group WhatsApp dan media sosial (medsos).

Namun setelah tim Resmob Ditreskrimum Polda Jambi beserta jajaran tim Macan Satreskrim Polresta Jambi dan Opsnal Polsek melakukan patroli di seluruh wilayah Kota Jambi dan melakukan penyelidikan ada fakta baru terungkap.



Ternyata video yang viral tersebut merupakan video yang terjadi beberapa pekan lalu, dan diviralkan kembali oleh masyarakat.

“Itu video lama yang terjadi beberapa minggu lalu, dan sejumlah pelaku juga sudah diamankan di Polresta Jambi,” ujar Dirreskrimum Polda Jambi, Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira, Kamis (4/8/2022).

Menurutnya, tim gabung dari Polda, Polresta dan Polsek jajaran sudah turun melakukan patroli setiap harinya terutama pada jam malam, agar masyarakat kota Jambi aman dari gangguan kamtibmas.

Dia juga mengimbau kepada seluruh orang tua yang memiliki anak remaja agar selalu mengawasi dan memperhatikan pergaulannya terutama pada hari libur agar tidak keluar rumah hingga tengah malam.



“Kami meminta kepada seluruh orang tua agar selalu mengawasi pergaulan anaknya, jika malam hari anak belum pulang segera hubungi anaknya bila perlu dijemput agar pulang ke rumah,” ujar Andri.

Sebelumnya, tim Macan Satreskrim Polresta Jambi berhasil menangkap geng motor yang selalu meresahkan warga Kota Jambi.

Sebanyak 6 orang pelaku berhasil diringkus, dan satunya lagi adalah wanita. Ironisnya, mereka masih berusia di bawah umur.

Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Jambi, Kompol Mas Edy menyampaikan bahwa pelaku yang diamankan tersebut masih berstatus sebagai pelajar SMA.

Mereka terdiri dari 6 orang laki-laki dan 1 orang perempuan, yakni berinisial A (17), KK (17), AM (17), BD. (17), HP (16), DA (17) dan KA (18)

"Para pelaku melakukan aksinya di 5 TKP yang berbeda pada waktu yang berbeda, yaitu sejak Maret hingga Juli 2022," tutur Mas Edy, Selasa (2/8/2022).



Dalam aksinya, sambungnya, modus pelaku adalah dengan mengejar korban yang melintas dengan memperlihatkan senjata tajam berupa sebilah parang dan egrek.

Tidak hanya itu, usai menakuti para korban dengan senjata tajam, pelaku melukai korbannya hingga mengalami luka robek di tubuhnya.

Diakuinya, setelah mendapatkan laporan dari masyarakat, petugas langsung melakukan penyelidikan dengan menganalisa rekaman CCTV di seputar kejadian.

Setelah mendapatkan informasi identitas pelaku, petugas berhasil menemukan para pelaku geng motor yang telah meresahkan warga.

Tanpa banyak perlawanan, pelaku berhasil diamankan pihak kepolisian. Sedangkan, barang bukti yang telah diamankan adalah, 2 buah senjata tajam jenis parang dan egrek, 2 sepeda motor jenis Scoopy, 1 sepeda motor jenis Satria FU dan 1 unit sepeda motor jenis Honda CRF.

"Saat ini para pelaku sudah diamankan dan sedang diperiksa lebih lanjut oleh petugas kepolisian Polresta Jambi," tutup Mas Edy.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)