Zona KIP Diresmikan di Sampang, Optimis Bantu Kemajuan Ekonomi Jatim

Rabu, 03 Agustus 2022 - 00:00 WIB
loading...
A A A
Soekaryo menambahkan, bahwa DPMD Provinsi Jawa Timur telah memberikan pendampingan terhadap lembaga hukum BUM Desa yang ada di Jawa Timur. Sejauh ini akan menyasar 1.205 BUM Desa yang sudah berbadan hukum.

“Harapannya, BUM Desa yang sudah berbadan hukum bisa mengakses modal dari pihak ke tiga baik dari bank UMKM atau Bank Jatim,” lanjutnya.

Selain itu, DPMD Provinsi Jawa Timur juga sudah bekerjasama dengan STAN untuk memberikan pelatihan penyusunan laporan keuangan BUM Desa. “Harapannya BUM Desa dapat memberikan laporan yang baik dan tepat," ungkapnya.

Zona KIP Diresmikan di Sampang, Optimis Bantu Kemajuan Ekonomi Jatim

Direktur Program Klinik BUM Desa Jawa Timur Dwi Ariadi Kusuma

Sementara itu, Dwi Ariady Kusuma mengungkapkan bahwa Zona KIP adalah salah satu bentuk penguatan desa wisata. Selain itu, penguatan juga dilakukan dengan memberikan pelatihan intensif selama enam bulan.

“Kami memberikan pelatihan secara intensif mulai dari digital marketing hingga penyusunan SOP. Karena keindahan Pantai Lon Malang harus didukung oleh pemasaran dan pelayanan yang maksimal, ” ujar Ari selaku pelaksana Program Klinik BUM Desa Jatim.

Ari juga menjaskan bahwa Program Klinik BUM Desa Jatim adalah mitra pelaksana Sampoerna Untuk Indonesia. Program tersebut telah menjangkau 196 desa wisata berbasis BUM Desa di Jawa timur.

Pada tahun 2022 sebanyak 6 desa wisata memperoleh manfaat pendampingan salah satunya adalah Pantai Lon Malang, Sampang.

“Kami berharap dengan hadirnya program Klinik BUM Desa Jatim di Pantai Lon Malang, Sampang dapat memberikan manfaat untuk masyarakat. Khususnya untuk sektor ekonomi desa melalui penguatan desa wisata,” tandas Dwi Ariady Kusuma.

Acara Launching dan Festival Wisata Desa Zona KIP, turut hadiri oleh Kepala Bakorwil Kabupaten Pamekasan Ir. Moh Gunawan Saleh, MM, Kepala DPMD Provinsi Jawa Timur Soekaryo, SH, MM, Sekretaris DPMD Kabupaten Sampang Moh Wasaton Hadi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2321 seconds (0.1#10.140)