PVMBG akan tambah alat pemantau di Gunung Slamet

Selasa, 11 Maret 2014 - 16:34 WIB
PVMBG akan tambah alat pemantau di Gunung Slamet
PVMBG akan tambah alat pemantau di Gunung Slamet
A A A
Sindonews.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) berencana akan menambah peralatan pemantauan aktivitas Gunung Slamet. Hal itu dilakukan menyusul meningkatnya status gunung tertinggi kedua itu dari Normal menjadi Waspada.

"Iya, rencananya PVMBG akan menambah peralatan pemantau seismik yang akan dikirimkan ke sini untuk memantau aktivitas Gunung Slamet," jelas Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Slamet, Sukedi, kepada SINDOnews.com, Selasa (11/4/2014).

Sukedi menyatakan, penambahan peralatan pemantauan itu dilakukan sebagai upaya mitigasi untuk meminimalisir korban jiwa dan kerugian sebagai dampak bencana Gunung Slamet jika gunung itu benar-benar meletus.

"Tapi alatnya belum datang. Kami masih menunggunya. Rencananya alat dikirim dari Bandung," jelasnya.

Pasca naiknya status Gunung Slamet dari Normal menjadi Waspada, hari ini, gunung tertinggi di Jawa Tengah (Jateng) itu masih menunjukkan adanya peningkatan aktivitas.

Gunung yang memiliki tinggi sekira 3.428 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu hingga siang ini masih terus mengeluarkan asap putih disertai adanya aktivitas kegempaan.

"Berdasarkan pemantauan visual Gunung Slamet sejak 00.00-12.00 siang ini, kami merekam aktivitasnya. Seperti keluarnya asap putih dan kegempaan," tutur petugas pengamat Gunung di Pos Gambuhan Pemalang, Jateng, Nurcholis, kepada SINDOnews.com.

Dia mencatat, aktivitas yang terekam di alat seismograf yakni telah terjadi 124 kali gempa embusan. Namun, dia belum bisa merinci berapa ketinggian embusan asap putih tersebut.

"Sementara untuk gempa, hingga pukul 12.00 WIB siang ini, terjadi satu kali gempa Vulkanik Dangal (VB) dan empat kali gempa Vulkanik Dalam (VA)," terang Nurcholis.

Baca juga:
Takut meletus, warga berduyun-duyun pantau Gunung Slamet
Aktivitas Gunung Slamet kini dipantau ketat
24 pendaki Gunung Slamet turun dengan selamat
Gempa & hembusan asap masih terjadi di Gunung Slamet
Kronologi meningkatnya status Gunung Slamet
Cerita rakyat, asal-usul Gunung Slamet
"Gunung Slamet Waspada tanda munculnya presiden baru"
Gunung Slamet Waspada, warga Baturaden acuh
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.5155 seconds (0.1#10.140)