Era Jokowi Dinilai Surga Penguatan Ekonomi UMKM

Minggu, 31 Juli 2022 - 13:17 WIB
loading...
Era Jokowi Dinilai Surga Penguatan Ekonomi UMKM
Komitmen penuh terus diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam meningkatkan perekonomian pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). (Ist)
A A A
BANYUWANGI - Komitmen penuh terus diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam meningkatkan perekonomian pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Beragam bantuan yang diberikan mendorong terwujudnya pencapaian tersebut

Menurut Anggota DPRD Banyuwangi Abdul Ghofur langkah maksimal terus dijalankan pemerintah dalam mewujudkan pemulihan ekonomi. Terutama, lanjut dia, bagi para pelaku UMKM di pelosok pedesaan.

“Melihat era Jokowi pasti ada kendala soal Covid-19. Tapi pemerintah tidak henti-hentinya membantu UMKM,” kata Ghofur saat ditemui di Jember.

Dia menambahkan berbagai kebijakan ekonomi Jokowi berhasil digenjot Jokowi, yang kini mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Bantuan-bantuan Jokowi sukses menggelorakan kembali roda ekonomi pelaku UMKM di tengah kondisi pandemi.

Dia menyebut kehadiran pandemi berdampak signifikan terhadap penurunan perekonomian nasional. Meski demikian dia melihat kondisi demikian tidak luput dari perhatian Presiden Jokowi.

Menurut dia berbagai kebijakan menyoal penguatan UMKM jelas dilakukan presiden. Hingga akhirnya kini telah berhasil membuat perekonomian UMKM menjadi lebih meningkat.

“Pastinya kita melihat masyarakat di bawah. Artinya meskipun dalam kondisi terjepit pemerintah memberi solusi kepada UMKM,” sambung Ghofur.

Baca: Sapa Kader saat Muskerwil Partai Perindo Kalteng, Ini Pesan Hary Tanoesoedibjo.

Untuk itu, dia berharap agar ke depan berbagai kebijakan yang terbukti membantu UMKM dapat diteruskan dengan konsisten. Terutama, tambah dia, pada penerapannya oleh Pemerintah Daerah.

Sehingga, lanjut dia, ketika nantinya ketika pandemi usai ekonomi masyarakat benar-benar kembali pulih. Imbas dari itu dapat meningkatkan perkembangan UMKM ke depan.

“Lagi-lagi dampaknya terhadap UMKM di daerah. Karena itu kebijakan Pak Jokowi mestinya harus difasilitasi dengan baik oleh daerah jika tidak maka akan menjadi percuma,” tandas Ghofur.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)