Siap-siap! Tenaga Kesehatan di Maros Bakal Jalani Vaksinasi Booster Kedua

Sabtu, 30 Juli 2022 - 10:24 WIB
loading...
Siap-siap! Tenaga Kesehatan di Maros Bakal Jalani Vaksinasi Booster Kedua
Tenaga kesehatan alias nakes di Kabupaten Maros siap-siap untuk menjalani vaksinasi booster kedua, yang diagendakan dimulai pada bulan depan. Foto/Ilustrasi
A A A
MAROS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua. Langkah awal, pelaksanaan vaksin booster kedua ini dikhususkan untuk tenaga kesehatan alias nakes.

Berdasarkan surat edaran bernomor HK.02.02/C.3615/2022 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes pada Kamis (28/7/2022), pelaksanaan vaksin ini dimulai tanggal 29 Juli 2022.

Baca Juga: Lawan Varian Omicron, Vaksinasi Booster Dimulai di Maros

Kepala Dinas Kesehatan Maros, Muhammad Yunus, mengatakan dalam surat edaran tersebut diperintahkan agar seluruh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk melaksanakan vaksinasi dosis keempat untuk tenaga kesehatan.

Di Kabupaten Maros sendiri, pelaksanaan vaksin booster bagi nakes belum berjalan. Pasalnya, pemerintah baru memasuki tahap sosialisasi.

" Vaksin booster kedua di Kabupaten Maros masih dalam tahap sosialisasi. Booster kedua ini baru dikhususkan kepada nakes," ujar dia.

Mantan Kepala Puskesmas Bantimurung ini mengatakan, rencananya booster kedua bagi nakes di Maros baru bisa dilakukan bulan depan. "Kami akan mulai menggencarkan vaksin setelah tahap sosialisasi selesai dilakukan. Kalau bisa bulan depan sudah mulai jalan," katanya.

Yunus mengatakan untuk booster kedua, jenis vaksin yang digunakan Moderna dan juga Pfizer. "Untuk saat ini ada Pfizer dan Moderna. Kalau misalnya booster 1 digunakan jenis Moderna, maka booster 2 juga pakai Moderna," sebutnya.

Jika ingin melakukan vaksinasi booster kedua, katanya, maka jaraknya itu minimal kurang lebih enam bulan dari booster pertama. "Jarak booster satu ke booster dua itu enam bulan. Itu jarak vaksinnya bisa dilihat di PeduliLindungi," ungkapnya.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi Booster di Maros Masih Rendah, Ini Sebabnya

Bagi bakes yang ingin melakukan vaksinasi, bisa langsung ke Puskesmas terdekat. "Kami sudah membentuk tim imunisasi Covid di tiap Puskesmas. Sehingga nanti bagi Nakes yang akan vaksin bisa di Puskesmas masing-masing," sebutnya.

Diketahui, jumlah nakes yang ada di kabupaten Maros berjumlah 1.805 orang. Dari 1.805 orang itu, 1.761 orang atau 97.56 persen sudah menjalani booster pertama. Pihaknya berharap pelaksanaan vaksinasi booster tahap dua ini bisa berjalan lancar untuk kalangan nakes.
(tri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2047 seconds (11.252#12.26)