Melawan saat Ditertibkan, Ratusan Pedagang Cincau Lempar Tikar dan Kursi ke Jalan

Jum'at, 29 Juli 2022 - 14:56 WIB
loading...
Melawan saat Ditertibkan, Ratusan Pedagang Cincau Lempar Tikar dan Kursi ke Jalan
Ratusan pedagang Cincau di Taman Asmaul Husna di Jalan eks Tol Haurwangi-Rajamandala, Kabupaten Cianjur, melakukan perlawanan saat ditertibkan, Jumat (29/07/2022). MPI/Ricky
A A A
CIANJUR - Ratusan pedagang Cincau di Taman Asmaul Husna di Jalan eks Tol Haurwangi-Rajamandala, Kabupaten Cianjur, melakukan perlawanan saat ditertibkan , Jumat (29/07/2022).

Menurut pedagang, penertiban yang dilakukan Satpol PP Kabupaten Cianjur dan petugas gabungan lainnya tersebut terkesan mendadak.

Berdasarkan pantauan, para pedagang yang kecewa melemparkan tikar dan tempat duduk yang dipakai jualan ke tengah jalan. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk protes para pedagang.

"Seharusnya pihak Pemkab melaksanakan kegiatan tersebut jangan terlalu mendadak, supaya tidak terkesan menindas. Para pedagang kan sudah belanja untuk jualan, karena mendadak, akhirnya tak bisa jualan karena harus dibereskan sekarang juga," kata Ketua RW 08 Warga Kampung Sukamaju, Teten Kusnadi.

Kasatpol PP Kabupaten Cianjur, Hendri Prasetiyadi mengatakan, sosialisasi untuk mengosongkan para Pedagang Kaki Lima di jalan tersebut sudah beberapa kali dilakukan.

Bahkan, kata dia, beberapa kali akan ditertibkan namun para pedagang selalu banyak alasan hingga memberikan toleransi sebanyak empat kali.

"Sudah empat kali kita melakukan rencana pembongkaran, namun kali ini waktunya melaksanakan pembongkaran," katanya.

Baca: Tawuran Pelajar di Polewali Mandar, 1 Siswa Kritis Ditikam Badik.

Menurutnya, adanya protes dari pedagang karena tidak setuju dengan pembongkaran tersebut hal yang biasa. "Pemberitahuan telah beberapa kali kita layangkan. Tapi pedagang protes hal yang wajar dan biasa," ujarnya.

Dalam penertiban, sempat terjadi kemacetan dari kedua arah di Jalan Nasional tersebut, baik dari arah Bandung maupun Cianjur. Pasalnya, para pedagang melemparkan tikar dan kursi ke tengah sehingga kendaraan tidak bisa melintas.

Baca Juga: Anggaran Defisit, KBB Mundur Jadi Tuan Rumah Porprov Jabar.

Meski begitu, proses penertiban pedagang cincau berjalan dengan aman dan lancar. Penertiban kepada para pedagang cincau di jalan tersebut, karena para PKL sudah disediakan lokasi berjualan di dua lokasi di Rest Area Citarum.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5994 seconds (0.1#10.140)