Hari Jadi Kendal ke-417, Ketua Dewan Ajak Masyarakat Bangkit dari Pandemi

Kamis, 28 Juli 2022 - 19:55 WIB
loading...
Hari Jadi Kendal ke-417, Ketua Dewan Ajak Masyarakat Bangkit dari Pandemi
Bupati Kendal Dico M Ganinduto, dalam amanatnya menyampaikan peringatan Hari Jadi Kendal ke-417 tahun ini mengusung tema Pulih Bersama, Bangkit Lebih Hebat.
A A A
KENDAL - Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-417 pada 2022 menjadi momentum bagi masyarakat untuk bangkit dari pandemi. Dengan mengusung tema “Pulih Bersama, Bangkit Lebih Hebat”, Hari Jadi Kendal tahun ini diharapkan menjadi awal kebangkitan ekonomi masyarakat setelah dua tahun dilanda pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun, saat memberikan sambutan pada resepsi Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-417 yang digelar di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Kamis (28/7/2022).

Dalam sambutannya, Makmun menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya berbagai acara memeriahkan peringatan Hari Jadi Kendal. Menurutnya peringatan Hari Jadi Kendal tahun ini istimewa karena setelah dua tahun diselenggarakan secara terbatas, tahun ini bisa digelar secara meriah.

“Harapannya dari kegiatan ini dapat menggerakkan kembali sektor perekonomian, terutama ekonomi kecil dan menengah, yang mengalami kelesuaan selama dua tahun terakhir bisa kembali bangkit,” ungkapnya.

Makmun juga menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Kendal yang telah berhasil mengendalikan kasus Covid-19. Menurutnya, keberhasilan ini berkat kerja keras dari semua stakeholder yang ada di Kabupaten Kendal, baik dari unsur TNI/Polri, tokoh masyarakat maupun tokoh agama.

Lebih lanjut Ketua Dewan menyampaikan tantangan yang perlu disiapkan masyarakat Kendal menghadapi era industri 4.0. Menurutnya pada era yang ditandai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, Kendal harus memiliki SDM yang kompeten.

“Reformasi birokrasi menuntut aparatur pemerintah untuk terus meningkatkan kompetensi dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Di sisi lain, imbuhnya, pandemi telah mengubah cara masyarakat berinteraksi dan lebih dekat dengan budaya digital. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di satu pihak menghapuskan beberapa jenis pekerjaan konvensional, namun di lain pihak melahirkan peluang-peluang baru yang belum pernah terbayang oleh generasi-generasi sebelumnya.

“Perubahan zaman yang bergerak dengan cepat ini menuntut kita untuk terus mengupdate dan mengupgrade pengetahuan kita. Jika tidak, cepat atau lambat, kita akan menjadi manusia yang gagap menghadapi zaman yang sudah serba digital,” pungkasnya.

Diberitakan, resepsi Hari Jadi Kabupaten Kendal dihadiri Bupati Kendal Dico M Ganinduto dan Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki beserta seluruh jajaran Forkopimda dan para pimpinan OPD. Dalam kesempatan itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua DPRD Kendal.

Sebagaimana disampaikan Ketua Panitia Hari Jadi Kendal ke-417, Pj Sekda Sugiono, acara resepsi ini sebagai puncak dari seluruh rangkaian peringatan dan sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas bertambahnya usia Kabupaten Kendal.

Sebelumnya, digelar upacara di Alun Alun Kendal. Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Kendal Dico M Ganinduto, dalam amanatnya menyampaikan peringatan Hari Jadi Kendal ke-417 tahun ini mengusung tema “Pulih Bersama, Bangkit Lebih Hebat”. Melalui tema ini, bupati berharap dapat menjadi titik awal untuk pemulihan ekonomi.

"Semangat ini bisa kita tularkan kepada masyarakat Kendal, karena jika kita ingin pulih bersama, maka kita harus memiliki keinginan yang sama untuk memakai perubahan yang signifikan, bukan hanya pemerintahannya saja tap juga Seumber Daya Manusia (SDM),” pesannya dalam amanat upacara. CM
(srf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1469 seconds (10.177#12.26)