Komunitas KITA di Lamongan Daur Ulang Sampah Kertas Jadi Karya Seni

Sabtu, 23 Juli 2022 - 09:00 WIB
loading...
Komunitas KITA di Lamongan Daur Ulang Sampah Kertas Jadi Karya Seni
Komunitas di Lamongan dan Gresik mendaur ulang sampah menjadi karya seni.Foto/ist
A A A
LAMONGAN - Belasan komunitas di Lamongan dan Gresik yang tergabung dalam Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) membagikan 13 kambing kepada warga yang membutuhkan. Dalam momentum Idul Adha ini, para komunitas ditantang adu kreativitas dalam memanfaatkan kertas sampah daur ulang.

Kali ini para anggota komunitas diminta untuk sekreatif mungkin memanfaatkan kertas yang sudah tidak terpakai untuk membuat karya seni yang bisa dipajang di mana saja. Komunitas diminta untuk membuat ornamen atau miniatur khas sebuah daerah, seperti ornamen kubah, asbak, menara kudus dan kambing.

"Ada tujuh karta yang ikut ambil bagian, yakni Kartar Sapu Jagat Desa Dermolemahbang kecamatan Sarirejo Lamongan membuat ornamen menara kudus, kemudian ornamen kambing sobat Dj Gresik, ornamen kubah masjid Tunas Muda Desa Kedungjati, Balongpanggang Gresik, ornamen masjid Kartar Bangkit Desa Lopang, kecamatan Kembangbahu, Lamongan,

Karta Putra Harapan Desa Latukan, Karanggeneng, Lamongan juga sama. Kemudian Karta Pradna Pramitya Desa Pengangsalan, Kali tengah Lamongan membuat ornamen Asbak, dan Tunas Bakti Desa Lukrejo, Kecamaan Kalitengah, Lamongan," jelas Koordinator KITA Berbagi di Lamongan-Gresik, Alvian.

Baca juga: Kurangi Penggunaan Plastik, Komunitas KITA Sidoarjo Sudah 3 Tahun Gunakan Besek untuk Berbagi

Mereka sebelum hari raya diberikan waktu untuk membuat ornamen dan saat hari H tim juri mulai melakukan penilaian. Saat ini tim masih menilai ornamen tersebut, dari sisi detail, tema, dan kebermanfaatan.

"Tujuannya tentu sebagai ajang adu kreativitas, kemudian juga bisa memanfaatkan kertas yang sudah tidak terpakai. Apalagi program KITA Berbagi 2022 ini konsepnya juga ramah lingkungan. Semua bungkus daging kurban juga menggunakan bahan ramah lingkungan seperti besek, daun jati, daun pisang," imbuhnya.

Di Lamongan dan Gresik ada belasan komunitas yang terlibat dalam program KITA Berbagi 2022, yakni Karta Desa Latukan, Karta Desa Lukrejo, Karta Desa Pengangsalan, Kartar Sapu Jagat, Paguyuban Giras Bersatu, Karta Desa Lopang, Karta Desa Kedung Jati, GR15TY (Yamaha R15, VISIK Gresik (Yamaha Vixion), Kombo, dan Beat Gresik Independen, serta Happy Day dan MTC Gresik (Mobil Timor).

Program KITA Berbagi 2022 ini memasuki tahun ketiga. Pada tahun 2020 dan 2021, Program KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapainnya.

Pada tahun 2021 lalu, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak oleh komunitas dengan total 13.398 paket kurban.
Tahun ini kolaborasi berbagai komunitas ini juga akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (nonplastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.

Data awal sudah ada 10.000 lebih paket daging kurban yang dibagikan dengan wadah ramah lingkungan seperti besek, daun jati, daun pisang dan wadah ramah lingkungan lainnya.
(msd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1621 seconds (10.177#12.26)