Kurangi Penggunaan Plastik, Komunitas KITA Sidoarjo Sudah 3 Tahun Gunakan Besek untuk Berbagi

Sabtu, 23 Juli 2022 - 00:30 WIB
loading...
Kurangi Penggunaan Plastik, Komunitas KITA Sidoarjo Sudah 3 Tahun Gunakan Besek untuk Berbagi
Komunitas KITA Sidoarjo sudah tiga tahun menggunakan besek untuk berbagai dan mengurangi penggunaan plastik.Foto/ist
A A A
SIDOARJO - Delapan komunitas yang tergabung dalam kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) di Sidoarjo membagikan daging kurban dalam rangka program KITA Berbagi 2022. Daging kurban dibungkus dengan menggunakan wadah ramah lingkungan berupa besek.

Program KITA Berbagi 2022 ini serentak dilaksanakan di 87 kabupaten Kota di Indonesia Timur. KITA Berbagi tahun ini ada 637 ekor sapi dan kambing yang dibagikan ke masyarakat.

Untuk Sidoarjo ada delapan ekor kambing yang dibagikan oleh kolaborasi komunitas yang terdiri dari anak motor Bold Riders, Karang taruna (karta) serta fans club dan super music.

Baca juga: Edukasi Warga, Komunitas di Surabaya Timur Ini Sisipkan Masker Saat Kegiatan Berbagi

"Komunitas yang tergabung ini dari anak motor CCI Sidoarjo, YVCI Sidoarjo, HPCI Sidoarjo, KCI Sidoarjo. Kemudian ada fans club seperti INDO BARCA, Heppiii Community seperti Semampir of Community, dan GP Ansor, serta Super Music dari Slank Fans Club," jelas Kordinator KITA Berbagi 2022 di Sidoarjo Sugiarto, Jumat (22/7/2022).

Kolaborasi KITA di Sidoarjo kata dia sudah sejak tiga tahun terakhir ini selalu konsisten menggunakan wadah ramah lingkungan khususnya besek. Selama ini pihaknya selalu membagikan besek untuk didistribusikan ke anggota komunitas saat acara pembagian daging kurban.

"Tahun lalu misalnya kami juga pesan ke perajin komunitas kami di desa-desa, lalu kami berikan kepada anggota komunitas lainnya. Jadi satu komunitas dengan komunitas lainnya bisa saling support," jelas dia.

Sementara itu secara nasional, tahun 2020 dan 2021, Program KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapainnya. Pada tahun 2021 lalu, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak oleh komunitas dengan total 13.398 paket kurban.

Tahun ini kolaborasi berbagai ratusan komunitas ini juga akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (nonplastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.

Data awal sudah ada 10.583 paket daging kurban yang dibagikan dengan wadah ramah lingkungan seperti besek, daun jati, daun pisang dan wadah ramah lingkungan lainnya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1423 seconds (0.1#10.140)