Kampung Tangguh Peduli Lansia di Tengah Pandemi COVID-19 Sidoarjo

Sabtu, 27 Juni 2020 - 12:08 WIB
loading...
Kampung Tangguh Peduli Lansia di Tengah Pandemi COVID-19 Sidoarjo
Kampung Tanggung peduli lanjut usia (lansia) di Sidoarjo, Jawa Timur. Foto/iNewsTV/Pramono Putra
A A A
SIDOARJO - Upaya menekan penyebaran virus COVID-19 seiring masih tingginya jumlah warga Sidoarjo yang terpapar Covid terus dilakukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID Sidoarjo.

Selain melakukan upaya treatment atau penyembuhan warga yg positif COVID-19, juga dilakukan upaya pencegahan, khususnya bagi Warga Lanjut Usia yang rentan terpapar COVID-19. (Baca juga: Masa Transisi, Program Kampung Tangguh di 181 Desa Dioptimalkan )

Melalui satgas yang berada di Desa khususnya yang masuk Zona Merah Penyebaran COVID-19, dengan Program Kampung Tangguh Peduli Lansia, Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 kini mulai mengoptimalkan perhatian dan pemantauan terhadap Warga Lansia.

Bersama personel TNI/Polri dari jajaran Kodim 0816 Sidoarjo dan Polresta Sidoarjo yang siaga di Posko Kampung Tangguh, tim yg terdiri dari Dokter, Kepala Desa (Kades), dan perangkat kesehatan lainnya mendatangi sejumlah rumah warga Lansia yang berada di Daerah Zona Merah Penyebaran COVID. Seperti yang dilakukan di Desa Pepelegi, Kecamatan Waru, Sidoarjo.

Selain menyapa dan melihat langsung kondisi Warga Lansia di rumahnya, tim melakukan Cek Suhu Tubuh, dan memberikan sejumlah Vitamin dan Bingkisan Makanan serta Sembako. Aksi Kampung Tangguh Semeru Peduli Lansia sengaja digelar, sebagai Upaya untuk meningkatkan Daya Tahan Tubuh atau Imunitas Tubuh Lansia yang rentan terpapar COVID-19.

Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sidoarjo yang juga Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji mengatakan, melalui Aksi Kampung Tangguh Semeru Peduli Lansia ini, diharapkan Warga Lansia di Sidoarjo bisa merasa Nyaman dan Tenang karena diperhatikan oleh petugas. Dengan merasa Nyaman dan Tenang, bisa meningkatkan Imunitas Tubuh sehingga bisa terhindar dari virus COVID-19.

“Kami peduli dan berusaha gimana caranya agar kesehatan dan imunitas tubuh warga lansia tetap terjaga sehingga tidak terpapar COVID-19 “, kata Sumardji.

Sementara dukungan Aksi Program Kampung Tangguh Peduli Lansia ini juga disampaikan sejumlah kepala desa di Sidoarjo. Salah satunya Kades Pepelegi yang menjadi Desa Zona Merah di wilayah kecamatan Waru-Sidoarjo. “Kami dukung karena memang banyak warga Lansia disini yang membutuhkan perhatian khusus di tengah pandemi COVID-19,“ kata Kades Pepelegi, Iswahyudi.

Dengan adanya Aksi Kampung Tangguh Semeru Peduli Lansia ini, sejumlah kalangan Lansia merasa aman, nyaman, dan tenang meski hidup di tengah pandemi COVID-19. “Alhamdulilah, saya jadi lebih ayem dan tenang setelah didatangi petugas dari TNI/Polri, Kades, dan Perangkat Kesehatan Desa,“ kata Sutinah, seorang warga Lansia di Desa Pepelegi Waru, Sidoarjo.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3874 seconds (0.1#10.140)