Penyelenggaraan ASEAN Para Games, Wali Kota Solo: Obor Akan Diambil dari Api Abadi Merapen

Rabu, 20 Juli 2022 - 22:08 WIB
loading...
Penyelenggaraan ASEAN Para Games, Wali Kota Solo: Obor Akan Diambil dari Api Abadi Merapen
ASEAN Para Games ke-11 akan berlangsung di Kota Solo pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 mendatang. Api untuk torch relay akan diambil dari api abadi Merapen, Grobongan. Foto idok/SINDOnews
A A A
SOLO - ASEAN Para Games ke-11 akan berlangsung di Kota Solo pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 mendatang. Api untuk torch relay akan diambil dari api abadi Merapen, Grobongan.

Hal ini disampaikan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming , selaku Ketua Indonesia National Paralympic Organization Comittee (INASPOC), dalam diskusi daring bertema “Indonesia Bidik JuaraUmum ASEAN Para Games 2022” yang digelar FMB9, Rabu, (20/7/22).



"Ini kita sedang mempersiapkan untuk acara torch relay di hari Minggu besok. Itu acara nanti dimulai di tanggal 24. Kita mulai mengambil api di Merapen lalu obornya dibawa sampai ke kota di tanggal 25," ujarnya.

Acara kirab obor ini, lanjut Gibran, melibatkan para mantan atlet para games. "Nanti melibatkan para mantan atlet yang akan meramaikan acara torch relay ini juga," ujarnya.

Saat ini, kata Wali Kota Solo itu, persiapan ASEAN Para Games ke-11 sudah maksimal. Venue-venue yang disiapkan sudah memenuhi standar dari para atlet. Sejauh ini pihaknya belum menerima komplain apapun.

"Semuanya sudah sesuai standar dari para atlet, sudah tidak ada komplain untuk venue, ya alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar," tandasnya.

Lanjut Gibran, ASEAN Para Games ini diselenggarakan untuk kedua kalinya di Kota Solo. Pihaknya berusaha mengemas rangkaian kegiatan agar ramah bagi para disabilitas.

"Yang jelas ini sudah kedua kalinya kota Solo dipercaya menjadi tuan rumah. Yang jelas di tahun ini kita lebih siap, venuenya lebih siap, fasilitas umumnya lebih siap," ungkapnya.

Selaku tuan rumah, pihaknya berharap pergelaran ini dapat mengangkat dan meningkatkan perekonomian warga setempat. Sehingga pemulihan ekonomi, dapat dirasakan oleh semua pihak, mulai dari UMKM hingga masyarakat umum.

Menurut Gibran, hal yang menguntungkan dari ASEAN Para Games tahun ini adalah lisensi untuk maskot dan logo disediakan gratis. Sehingga, menurutnya, para UMKM bisa berpartisipasi dan menggunakan logonya secara gratis. "Saya kira ini sangat baik sekali untuk mengangkat perekonomian terutama untuk UMKM," tandasnya.

Tidak hanya para pelaku UMKM yang dilibatkan, para seniman lokal juga dilibatkan dalam seluruh pergelaran ini. "Semua UMKM dilibatkan, produk lokal dilibatkan, seniman-seniman lokaldilibatkan. Saya kira ini impactnya bagi pemulihan ekonomi sangat dirasakan," pungkasnya.

Gibran mengatakan, event ini sangat dirasakan oleh semua pihak. Baik itu para pelaku UMKM maupun hotel hingga para rental mobil dan lain sebagainya."Pemulihan ekonomi bisa dirasakan oleh semua pihak, baik itu dari UMKM, hotel, rental mobil dan lain-lain kecipratan dari acara ini," tutupnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3066 seconds (0.1#10.140)