Pantau Harga Bahan Pokok, Ganjar Pranowo Sidak Pasar di Banyumas

Senin, 18 Juli 2022 - 19:35 WIB
loading...
Pantau Harga Bahan Pokok, Ganjar Pranowo Sidak Pasar di Banyumas
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan sidak di Pasar Manis Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin (18/7/2022). Foto: Istimewa
A A A
PURWOKERTO - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan sidak di Pasar Manis Purwokerto, Kabupaten Banyumas . Hasilnya, Ganjar menemukan sejumlah harga yang mengalami kenaikan, seperti telur dan bawang merah.

Dalam sidaknya, Ganjar mendapati harga telur yang dijual di pasaran di kisaran Rp27.000-Rp29.000 dan harga bawang merah yang mencapai Rp60.000 per kilogram.

"Agak tinggi sih. Biasa dulu 25.000 sekarang sudah Rp27.000, kulakannya jualannya Rp29.000. Tadi yang depan pasar jualannya bisa Rp27.500," kata Ganjar usai sidak, Senin (18/7/2022).



Ganjar mengatakan, sidak yang dilakukan untuk menindaklanjuti inflasi Jawa Tengah yang masuk ke zona merah inflasi daerah. Hal ini dikarenakan kenaikan harga komoditas pangan (voletile food) seperti cabai dan bawang merah.



Maka dari itu, Ganjar bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jawa Tengah terus berupaya menekan angka inflasi dengan melakukan operasi pasar agar sektor perekonomian kembali stabil.

"Tapi rasa-rasanya beberapa bahan pokok memang mengalami peningkatan. Ini penting untuk kami nanti Tim Pengendali Inflasi untuk ngecek betul kenapa itu naik," ucap Ganjar.



Kendati demikian, Ganjar menyampaikan masyarakat dan pedagang pasar masih bisa bernafas lega karena harga dan suplai minyak goreng sudah normal kembali.

"Minyak sudah bagus, jumlahnya bagus, harganya sudah turun. Tapi minimal kita seneng soal minyak goreng mulai bagus, mulai turun, dan suplainya sudah normal," ujarnya.

Kenaikan harga telur dan bawang ditegaskan salah satu pedagang Pasar Manis Purwokerto bernama Untung. Ia mengatakan, harga telur masih turun naik, sementara harga bawang masih tinggi dan belum ada penurunan.



"Kalo telur naik turun, ngga menetap. Sekarang telur dari sananya Rp27.000, jualnya Rp29.000. Bawang atau brambang juga naik dari kemarin sampe Rp60.000 dari sananya," ungkap Untung salah seorang pedagang.

Dia melanjutkan, untuk harga bahan pokok lain seperti minyak goreng dan beras di Pasar Manis Purwokerto masih aman dan terkendali. Untuk beras, dijual pada kisaran Rp10.000 per kilogram.

Sebagai informasi, tingkat inflasi di Jawa Tengah hari ini mencapai 4,97 persen. Untuk itu, Ganjar beserta jajarannya terus mengupayakan menekan angka inflasi dengan menggencarkan operasi pasar.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)