UK Petra Persembahkan Robot Medis untuk Tangani Pasien COVID-19

Jum'at, 26 Juni 2020 - 18:38 WIB
loading...
UK Petra Persembahkan Robot Medis untuk Tangani Pasien COVID-19
Tim Robot UK Petra Surabaya, memeragakan cara kerja robot SPERO di Kampus UK Petra, Surabaya, Jumat (26/6/2020). Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, mempersembahkan robot medis untuk membantu menangani pasien COVID-19. Robot bernama Support for Pandemic and Epidemic Robot (SPERO) tersebut, dirancang oleh tim dosen UK Petra.

(Baca juga: Sepeda Motor Vina di Terminal Jadi Pembuka Tabir Pembunuhan Sadis )

Ketua tim SPERO dan dosen Prodi Teknik Elektro UK Petra, Indar Sugiarto mengatakan robot ini berfungsi untuk membawa obat atau makanan pada pasien. Hal itu supaya interaksi langsung antara perawat dan pasien dapat diminimalisir.

"Perawat dapat mengoperasikan robot ini dari jarak jauh via internet. Robot ini juga dapat memfasilitasi komunikasi jarak jauh (video conference) antara pasien dan tenaga medis," katanya.

(Baca juga: Tangis Haru Sumiyati, Pulang Dari Papua Diantar Prajurit Kostrad )

Rektor UK Petra Surabaya, Djwantoro Hardjito menambahkan, karya anak bangsa dari tim dosen UK Petra itu merupakan salah satu kontribusi nyata dari dunia pendidikan untuk bersama-sama memerangi Pandemi COVID-19.

"Ke depan akan dilanjutkan dengan robot dengan fungsi yang lain agar penyebaran COVID -19 dapat ditekan," imbuhnya. (Baca juga: Anak Petani Asal Paluta Raih Adhi Makayasa Taruna AAU 2020 )

Robot SPERO yang dibuat selama dua bulan oleh tim yang terdiri dari lima dosen dan tiga laboran Prodi Teknik Elektro dan Teknik Mesin UK Petra inipun diserahkan pada Rumah Sakit Royal, Surabaya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4170 seconds (0.1#10.140)