Asal Usul Bakso President Kuliner Tersohor Malang, Ternyata Diawali Nama Bioskop Legendaris

Rabu, 13 Juli 2022 - 09:17 WIB
loading...
Asal Usul Bakso President Kuliner Tersohor Malang, Ternyata Diawali Nama Bioskop Legendaris
Suasana di gerai Bakso President, kuliner ikonik di Kota Malang yang ternyata namanya diawali dari sebuah bioskop legendaris.Foto/Avirista
A A A
MALANG - Bakso menjadi salah satu kuliner ikonik Malang. Beragam tempat makan bakso tersedia di Malang. Namun di antara banyaknya tempat menyantap kuliner ini, ada satu tempat kuliner tersohor bakso Malang bernama Bakso President.

Namanya mungkin banyak orang tahu, apalagi lokasinya berada di tepi rel kereta api memunculkan sensasi adrenalin saat menyantapnya. Tapi siapa sangka penamaan Bakso President berawal dari sebuah gedung bioskop yang berdiri di lokasi yang kini ditempati Bakso President.

Penanggungjawab Bakso President Ali Wahdani mengungkapkan, usaha Bakso President awalnya dirintis oleh seseorang bernama Abdul Goni Sugito. Awalnya Abdul Goni berjualan bakso di tahun 1977 dengan cara dipikul keliling Kota Malang.

Baca juga: 3 Kota di Jawa Timur Mulai Buka Pendaftaran MyPertamina, Mana Saja?

"Suatu ketika abah itu berhenti di depan sini (lokasi Bakso President) karena di tahun-tahun segitu anak-anak muda zaman itu nggak handphone, nggak ada hiburan jadi hobinya trek-trekan," ucap Ali Wahdani ditemui MNC Portal, pada Selasa malam (12/7/2022).

Kebetulan lokasi yang dipakai nongkrong anak-anak muda dan balapan dahulu terdapat sebuah gedung bioskop legendaris bernama Bioskop President, alhasil kawasan itu pun disebut kawasan President. Lambat laun banyaknya anak muda yang nongkrong di kawasan Bakso President membuat dagangan bakso Abdul Goni Sugito yang awalnya bernama Bakso Manalagi, laris manis bak kacang goreng.

Asal Usul Bakso President Kuliner Tersohor Malang, Ternyata Diawali Nama Bioskop Legendaris

Suasana di dalam kedai Bakso President, kuliner ikonik Kota Malang.

"Awalnya dipikul, terus berhenti di sini akhirnya cocok, lumayan banyak yang beli di daerah sini akhirnya pindah ke gerobak dorong. Depan ini Bioskop President, treknya itu biasanya dari Bioskop Irama ke Bioskop President, makanya terkenalnya sini daerah President," kata dia.

Penamaan Bakso President sendiri dicetuskan Abdul Goni Sugito lantaran banyaknya pelanggannya yang menyebut bakso yang ada di daerah Bioskop President, dari sanalah nama Bakso Manalagi berganti menjadi Bakso President. Sayang Ali tak tahu pasti kapan Abdul Goni yang sudah dianggap seperti orang tuanya sendiri itu mengganti nama.

"Baksonya malah namanya Bakso Manalagi, karena seringnya konsumen nyebut bakso yang ada di President, ini kan dulu bakso president. Akhirnya ganti nama jadi bakso President itu. President itu juga dari bahasa asing, tapi nggak tahu apa maksudnya dinamakan Bioskop President, yang jelas namanya itu," jelasnya.

Beberapa tahun kemudian disebut Ali, Abdul Goni yang kerap disapanya Abah ini akhirnya pindah ke belakang Gedung Bioskop atau di tempat yang saat ini. Bioskop President kini pun berganti menjadi hotel berbintang di Malang.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1167 seconds (10.177#12.26)