ITS Buat Aplikasi Pemantau COVID-19 Gandeng Polres Tanjung Perak

Jum'at, 26 Juni 2020 - 15:34 WIB
loading...
ITS Buat Aplikasi Pemantau COVID-19 Gandeng Polres Tanjung Perak
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bersama Polres Tanjung Perak menyiapkan aplikasi pemantauan COVID-19. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuat aplikasi pemantau kasus COVID-19. Mereka mengandeng Polres Tanjung Perak untuk mengembangkan aplikasi yang nantinya bisa membantu warga dalam memantau perkembangan virus Corona.

Perwakilan ITS Surya Sumpeno ST MSc mengatakan, pihaknya dipercaya oleh Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk memberikan dukungan teknologi guna mewujudkan Profesional Modern Terpercaya (Promoter). “Karena kami adalah sebuah institut teknologi, maka ITS menyambut dengan baik tawaran ini,” kata dia, Jumat (26/6/2020). (Baca juga: ITS Rancang Transportasi Autonomous Hadapi New Normal )

Menurut dia, salah satu program yang diharapkan bisa selesai dalam waktu dekat adalah pengembangan aplikasi pemantau pergerakan penderita COVID-19. Penggunaan aplikasi ini di kampung-kampung tangguh akan memberikan manfaat yang besar untuk mengetahui secara real time.

Dengan adanya aplikasi ini, petugas-petugas lapangan dan warga masyarakat yang merupakan elemen penting dalam kampung tangguh akan merespons perkembangan penyebaran COVID-19 dengan cepat dan tepat. “Karena dengan aplikasi ini, hasil pantauan akan dapat di-update dengan cepat, sehingga dapat dilakukan langkah-langkah tertentu untuk penangannya,” kata dosen Teknik Elektro ITS ini.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Ganis Setyaningrum mengatakan, pihaknya sangat mendukung diadakannya kerja sama antara ITS dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ini. “Selain untuk kelembagaan, kerja sama ini juga berfungsi sebagai saran untuk penguatan Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dalam bidang teknologi informasi,” jelas dia.

Wakil Rektor IV ITS Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama, dan Kealumnian, Bambang Pramujati, mengatakan, sebelumnya ITS dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sudah melakukan kerja sama untuk pengembangan pemanfaatan command center yang dilengkapi dengan CCTV. “Karena ini sesuai dengan motto Promoter mereka, dan juga Tanjung Perak merupakan tempat yang sangat vital karena merupakan tempat masuknya barang dan personel,” kata dia.

Dosen Teknik Mesin ITS ini juga mengungkapkan pentingnya kerja sama yang dilakukan oleh ITS dengan Polres Pelabuhan Tanjung Perak ini. Dia mendukung upaya pihak polres untuk menjadi lebih terpercaya, profesional, dan modern. “Kami (ITS) akan selalu terbuka untuk pengabdian masyarakat dan bersama-sama mencari solusi untuk masalah nyata di masyarakat,” jelas dia.

Bambang mengatakan, adanya kerja sama ini kasus COVID-19 dapat ditangani dengan lebih cepat dan tepat. Dia juga menyampaikan bahwa dengan kerja sama yang ada saat ini, dapat memanfaatkan teknologi digital demi berjalannya program-program di kampung tangguh. “Sehingga dengan kerja sama ini saya harap kita bisa menghijaukan kembali area-area di Surabaya yang masih termasuk ke dalam zona merah,” kata dia.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1438 seconds (0.1#10.140)