Kasus COVID-19 Naik 10 Kali Lipat, Pemprov Jabar Sebut BOR Aman

Selasa, 12 Juli 2022 - 12:02 WIB
loading...
A A A
"Di awal kemunculannya, PIKOBAR memuat informasi, koordinasi pendataan dan pendaftaran vaksinasi, kemudian tahun kemarin ada telekonsultasi, telemedicine, pinjam tabung oksigen dan lapor isoman. Jadi PIKOBAR ini benar-benar sangat dimanfaatkan oleh warga Jabar," paparnya.



Menurut Ika, saat ini, PIKOBAR sudah diunduh oleh 1,2 juta pengguna internet dan diakses 5 juta lebih pengguna internet. PIKOBAR pun memiliki 32 fitur, di antaranya fitur baru seperti layanan obat dan vitamin gratis yang diantar ke rumah warga.

"PIKOBAR ini adalah layanan yang sangat sesuai dengan kebutuhan warga di masa pandemi dengan memanfaatkan basis digital, dan Alhamdulillah sudah banyak mendapat apresiasi," ucapnya.

Lainnya terkait dengan pelayanan informasi mengenai kebijakan pemerintah selama pandemi ini, Pemprov Jabar pun aktif memanfaatkan media sosial.

Tak hanya masalah kesehatan dan kampanye prokes, Pemprov Jabar pun turut melakukan upaya pemulihan ekonomi, di antaranya dengan Program Petani Milenial dan Desa Digital.

Lebih lanjut, Ika pun menanggapi hasil pengukuran indeks persepsi pandemik COVID -19 dan persepsi publik terkait endemik Jawa Barat 2022 hasil penelitian Inilah Digital Media (IDM) Strategic.

Salah satu poin yang digarisbawahi dalam hasil penelitian tersebut yaitu satu hal positif yang terjadi adalah kepercayaan kepada pemerintah semakin baik. Hal tersebut seharusnya menjadi modal besar bagi pemerintah untuk membuat kebijakan-kebijakan strategis dan progresif dalam proses pemulihan kondisi pascapandemi.

"Masukan dan perbaikan dari hasil penelitian tersebut tentunya akan sangat bermanfaat bagi pemerintah ke depannya," kata Ika.

Sementara itu, peneliti IDM Strategic, Gilang Mahesa memberikan empat rekomendasi yang bisa diaplikasikan pemerintah terkait dengan indeks persepsi pandemik COVID-19 dan persepsi publik terkait endemik Jabar 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2282 seconds (0.1#10.140)