Belajar di Jerman sambil Jual Pempek, Mahasiswi Indonesia Raup Banyak Cuan

Selasa, 12 Juli 2022 - 04:47 WIB
loading...
Belajar di Jerman sambil Jual Pempek, Mahasiswi Indonesia Raup Banyak Cuan
Aufa saat berada di Jerman. (dok.ist/Humas UNY)
A A A
YOGYAKARTA - Sambil menyelam minum air. Itulah yang dilakukan oleh Anysaufha Putri Kinanti, salah satu mahasiswi program studi Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Seni UNY. Anysaufha, mahasiswi yang berkesempatan menempuh studi selama satu semester di Jerman.



Tak sekedar belajar, kesempatan berada di negeri Jerman ini juga ia manfaatkan untuk mengembangkan insting bisnisnya. Di sela waktunya belajar di Jerman, ia mencoba memperkenalkan makanan tradisional asal Palembang, yaitu empek-empek (pempek).

Aufa, begitu dia disapa, mengaku sangat beruntung, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memberinya kesempatan untuk menekuni bidang wirausaha. Di mana dia terpilih mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha(PMW) saat semester 4."Mungkin karena senang berwirausaha, saat berada di Jerman jiwa wirausaha yang masih melekat kembali menggelora,"tutur dia.

Idenya memperkenalkan dan menjual makanan tradisional ini muncul ketika dia merasa merindukan makanan Indonesia tersebut. Saat itu, dengan gadgetnya Aufa langsung mencari UMKM Indonesia melalui media sosial yang menjual pempek.

Saat itu, pilihannya jatuh pada Pempek Bangik, karena membuka pengiriman kemanapun termasuk ke Jerman. Namun demikian, dia harus berpikir sekian kali mengingat ongkos kirim yang begitu besar untuk sampai ke Jerman. "Kalau hanya memesan tiga sampai lima paket pempek, ongkos kirimnya ke Jerman mahal," kata dia.

Dan untuk mengurangi biaya ongkos kirim maka yang dilakukan adalah dengan memesan dalam jumlah yang panjang. Untuk pengiriman ke Jerman, digunakan jasa titip bagasi pada orang Indonesia yang hendak berangkat ke Jerman dan membuka jasa titip bagasi.

Aufa kemudian memesan 20 paket yang terdiri dari pempek dan otak-otak ikan tenggiri. Saat itu, ia hanya coba-coba menjual makanan tersebut ke rekan yang dia kenal di Jerman. Dan tidak ada harapan lebih kecuali untuk menutup ongkos kirim.

"Awalnya tidak ada harapan lebih atas rencana untuk berdagang pempek di Jerman. Dan ternyata di luar dugaan, 20 paket pempek dan otak-otak habis terjual, tidak sampai satu pekan,"tambahnya.

Antusiasme akan pempek sangat tinggi, yang diperkirakan menjadi bentuk rasa rindu perantau Indonesia yang sedang di Jerman. Pesananpun terus mengalir ke mejanya dari teman sesama warga Indonesia ataupun dari negara lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)