Pemko Padang Sidempuan Berkurban 1.308 Ekor Lembu dan 45 Ekor Kambing

Senin, 11 Juli 2022 - 12:49 WIB
loading...
Pemko Padang Sidempuan Berkurban 1.308 Ekor Lembu dan 45 Ekor Kambing
Jumlah hewan kurban di Kota Padang Sidempuan pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah tercatat sebanyak 1.353 ekor, terdiri dari 1.308 lembu dan 45 kambing.
A A A
KOTA PADANG SIDEMPUAN - Jumlah hewan kurban di Kota Padang Sidempuan pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah tercatat sebanyak 1.353 ekor, terdiri dari 1.308 lembu dan 45 kambing.

Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution mengatakan hal tersebut saat khotbah salat Idul Adha di Masjid Agung Al Abror, Minggu (10/7/2022).

"Alhamdulillah, semangat berkurban masyarakat Kota Padang Sidempuan tahun ini sangat tinggi. Kami sangat mengapresiasi itu," kata Irsan didampingi Wakil Wali Kota Arwin Siregar dan Sekda Letnan Dalimunthe.

Dijelaskannya, berdasarkan hasil pendataan sampai dengan sebelum pelaksanaan salat Idul Adha, total hewan kurban yang disembelih di 42 desa dan 39 kelurahan se-Kota Padang Sidempuan tercatat sebanyak 1.353 ekor.

Sesuai hasil pemeriksaan gugus tugas yang terdiri dari balai veteriner, Pemko Padang Sidempuan, TNI dan Polri, semua hewan kurban ini dinyatakan bebas dari Penyakit Kuku dan Mulut (PKM).

"Sejak sebulan yang lalu, kita aktif memeriksa lembu, kerbau dan kambing di seluruh kecamatan. Kemudian di empat pintu masuk Kota Padang Sidempuan didirikan pos chek point pemeriksaan ternak yang didatangkan dari luar kota," jelas Irsan.

Selain itu, sebanyak 200 lebih panitia kurban di seluruh desa dan kelurahan telah dikumpulkan dan diberikan pemahaman tentang tata cara deteksi PMK pada hewan kurban.

Pada kegiatan tersebut, Pemko Padang Sidempuan menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) guna menyosialisasikan tata cara penyembelihan hewan kurban yang sesuai dengan syariat Islam.

"Kepada panitia kurban, kami berulang kali mengingatkan agar benar-benar mendata seluruh warganya. Jangan sampai ada yang tidak kebagian daging kurban," ujar Irsan. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2328 seconds (0.1#10.140)