Emil Dardak Pastikan Kesehatan Hewan Kurban di Islamic Center

Sabtu, 09 Juli 2022 - 19:58 WIB
loading...
Emil Dardak Pastikan Kesehatan Hewan Kurban di Islamic Center
Plt. Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak meninjau posko penyerahan hewan kurban milik Pemprov Jatim. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Demi memastikan kualitas dan kesehatan hewan kurban milik Pemprov Jatim, Plt. Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak meninjau posko penyerahan hewan kurban milik Pemprov Jatim di Islamic Center Surabaya, Sabtu (9/7/2022).



Di lokasi ini, seluruh hewan kurban dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jatim, yang nantinya didistribusikan ke lokasi yang telah ditentukan, akan dilakukan proses pengecekan kualitas dan kesehatannya.



"Bedanya di tahun lalu tinggal disalurkan saja. Sekarang untuk mengecek kualitas dan kesehatannya dikumpulkan di sini dahulu, kemudian didisinfektan, dan baru disalurkan ke tujuan-tujuan yang sudah kita tetapkan," kata Emil.



Menurut Wakil Gubernur Jatim ini, lokasi yang dijadikan transit guna pengecekan hewan kurban ini adalah bagian dari contoh bagaimana tempat pemotongan hewan non RPH (Rumah Potong Hewan) harus memiliki persyaratan, dan perlengkapan yang memadai.

"Bagaimana hewan kurban yang harus didisinfektan saat masuk ataupun keluar untuk diangkut. Juga pemeriksaan hewan sebelum disembelih (antemortem) oleh veteriner yang memastikan keadaan hewan sehat, dan layak untuk jadi hewan kurban," katanya

Emil menjelaskan bahwa, seluruh rangkaian proses pengecekan ini harus dilakukan H-1 jelang pelaksanaan sembelih hewan kurban sesuai dengan jadwal pelaksanaan masing-masing daerah.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3333 seconds (0.1#10.140)
pixels