Bela Habib Bahar, Fadli Zon: Insiden Kematian Laskar FPI di Km 50 Bukan Hoaks

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:10 WIB
loading...
Bela Habib Bahar, Fadli Zon: Insiden Kematian Laskar FPI di Km 50 Bukan Hoaks
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra, Fadli Zon hadir memberikan kesaksian dalam sidang lanjutan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks yang menjerat Habib Bahar bin Smith di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Kamis (7/7/2022).
A A A
BANDUNG - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra, Fadli Zon hadir memberikan kesaksian dalam sidang lanjutan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks yang menjerat Habib Bahar bin Smith di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Kamis (7/7/2022).

Dalam kesaksiannya, Fadli Zon yang hadir sebagai saksi meringankan bagi Bahar bin Smith menilai bahwa isi ceramah Bahar bin Smith mendekati kenyataan dan bukan hoaks, terutama soal insiden tewasnya anggota Laskar FPI di Km 50 Tol Jakarta-Cikampek.

Diketahui, dalam kasus tersebut, Bahar bin Smith diseret ke pengadilan karena isi ceramahnya yang menyebut bahwa sebelum tewas, enam anggota Laskar FPI dibantai disiksa, dikuliti, dicopot kukunya, hingga dibakar kemaluannya.

"Saya kira apa yang diucapkan Habib Bahar mendekati kenyataan fakta," ungkap Fadli Zon di PN Bandung, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung.

Bahkan, lanjut Fadli Zon, kesaksiannya itu berdasarkan fakta yang dilihatnya langsung. Anggota DPR RI ini mengaku melihat langsung kondisi jenazah Andri Oktiawan (33), salah satu dari enam anggota Laskar FPI yang tewas dalam insiden tersebut.

"Saya lihat langsung jenazah ketika dimandikan. Kemudian ketika itu ada yang memotret dan ada yang perlihatkan bagian yang diduga ada luka-luka bekas peluru dan sebagainya," paparnya.

"Kalau secara sepintas karena bukan ahli, tapi di situ banyak luka lebam. Betul di mata kiri jenazah terlihat luka, kemudian beberapa jahitan di beberapa bagian tubuh, kemudian luka memar lain yang tadi tidak terlihat sebelum dimandikan," sambung dia.

Dalam sidang tersebut, Bahar bin Smith kemudian bertanya kepada Fadli Zon terkait kondisi lima jenazah laskar FPI lainnya. Menurut Bahar, ada foto-foto beredar terkait kondisi lima laskar FPI lainnya.

"Selain saya melihat langsung (satu jenazah), saya juga melihat foto-foto itu. Kalau saya melihat dari foto dan video, kurang lebih sama terhadap jenazah lain, ada dugaan penyiksaan, luka-luka, lebam," ungkap Fadli Zon.

"Anda lihat tidak yang diduga dicopot kukunya?," tanya Bahar.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0978 seconds (10.177#12.26)