Banjir Melanda Sejumlah Wilayah di Pangkalan Banteng, Anggota Dewan Beri Bantuan

Selasa, 05 Juli 2022 - 09:07 WIB
loading...
Banjir Melanda Sejumlah Wilayah di Pangkalan Banteng, Anggota Dewan Beri Bantuan
Guna membantu meringankan beban warga, para korban banjir didatangi Anggota DPRD Kotawaringin Barat untuk diberikan bantuan. iNews TV/Sigit
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Intensitas hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng dalam satu pekan terakhir, membuat sejumlah wilayah di Kecamatan Pangkalan Banteng banjir . Guna membantu meringankan beban warga, para korban banjir didatangi Anggota DPRDKotawaringin Barat untuk diberikan bantuan.



Anggota dewan dari Dapil III tersebut diantaranya, Sri Lestari (Gerindra) Alman Riansyah (PDIP) dan Sutiyana (Golkar)yang meninjau Desa Sungai Bengkuang, Kecamatan Pangkalan Banteng.



"Banjir ini karena meluapnya air sungai di Desa Bengkuang dan tidak bisa langsung mengalir ke Sungai Berasau, karena terjadi pendangkalan dan perlu dilakukan normalisasi," kata Sri Lestari.

Ia mengatakan, banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Pangkalan Banteng itu karena meluapnya air sungai, karena debit air dari hulu yang cukup besar tidak dapat langsung ke muara.



"Jadi, di hulu sungainya itu sudah dinormalisasi karena ada Replanting Sawit dari perusahaan. Namun, untuk hilirnya hingga muara tidak dinormalisasi, sehingga saat hujan 1 atau 2 jam saja maka air meluap dan membanjiri lahan sawah bahkan rumah warga," ungkapnya.



Sehingga, lanjut dia, untuk langkah selanjutnya pihaknya beserta anggota dewan yang lain, akan melakukan koordinasi dengan pihak perkebunan yang ada di sekitar desa-desa di Pangkalan Banteng dan juga Arut Utara, untuk mengatasi persoalan tersebut.



"Kita akan duduk bersama-sama, berkoordinasi terkait Pola Replanting agar dilakukan secara bertahap, serta pentingnya normalisasi dari hulu hingga Hilir, dan sampai ke Muara di Sungai Sebukat," tuturnya.



Selain itudalam mengatasi banjir ini tentu diwacanakan untik relokasi, sebagai solusi terakhir apabila rumah warga itu menjadi langganan banjir setiap tahunnya.

Kemudianselain banjir di Desa Sungai Bengkuang, banjir juga terjadi di Desa Sungai Hijau, Desa Marga Mulya, serta beberapa desa lainnya turut terdampak. Bahkan sejumlah titik ruas jalan di wilayah Pangkalan Banteng, terendam banjir.

Baca: DPW PAN Jawa Timur Usulkan 4 Nama Capres 2024, Siapa Saja?.



Ditambahkannya, selain melihat langsung kondisi banjir, pihaknya bersama rombongan juga memberikan bantuan sosial kepada korban banjir yang sedang mengungsi, sebagai wujud kepedulian sosial. 

"Kami ada sedikit memberikan bantuan sosial kepada warga korban banjir. Semoga, bantuan tersebut dapat sedikit meringankan beban mereka dan bisa memberi manfaat," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1958 seconds (0.1#10.140)