RS Siloam Sriwijaya Terbakar, Petugas Evakuasi Pasien dengan Selang Infus Terpasang

Selasa, 05 Juli 2022 - 10:23 WIB
loading...
RS Siloam Sriwijaya Terbakar, Petugas Evakuasi Pasien dengan Selang Infus Terpasang
Sejumlah pasien RS Siloam Palembang dievakuasi ke tempat aman akibat kebakaran yang melanda salah satu ruangan.Foto/ist
A A A
PALEMBANG - Kebakaran Rumah Sakit (RS) Siloam Sriwijaya Palembang, Sumatera Selatan, Senin (4/7/2022) malam, sekitar pukul 21.45 WIB menyisakan cerita. Proses evakuasi pasien berlangsung menegangkan.

Direktur RS Siloam Sriwijaya, Bona Fernando mengatakan, kebakaran yang terjadi di lantai 2 merupakan tempat penanganan pasien, seperti ruang ICU.

"Pasien yang terdiri atas ibu, anak-anak, dan lanjut usia dievakuasi keluar gedung, bahkan beberapa di antaranya membawa beserta ranjang, kursi roda yang sedang terinfus. Mereka dibantu petugas keamanan, perawat, dan pengunjung lainnya," ujar Bona, Selasa (5/7/2022).

Baca juga: 1 Ruangan di RS Siloam Palembang Alami Kebakaran, Pasien Panik Berhamburan Keluar

Saat kebakaran, lanjut Bona, petugas keamanan sekitar mal mengaku sempat mendengar suara ledakan dan pecahan kaca dari lantai dua gedung. "Ada ledakan dan pecahan kaca.Setelah beberapa saat, polisi dan pemadam kebakaran tiba mengatasi kejadian tersebut," jelasnya.

Pantauan di lokasi masih ditemukan serpihan kaca berserakan di luar gedung berlantai delapan itu.

Aparat Polrestabes dan Polsek Ilir Barat I Palembang masih mencari titik api di dalam gedung dan bersiaga. Meskipun demikian, saat ini kondisi sudah mulai kondusif dan pasien telah kembali ke ruangannya.

"Sepertinya ada korsleting entah kabel terbakar, AC terbakar, atau seperti apa. Pastinya belum tahu, masih menunggu laporan tim," kata dia.

Dari kejadian tersebut, perawat dan petugas mengevakuasi para pasien berjumlah sekitar puluhan orang itu keluar dari gedung, terutama pasien rawat inap, ICU, di lantai dua, empat, dan lima.



"Saat evakuasi pasien ditempatkan di areal parkiran gedung RS yang bersebelahan dengan Stadion Bumi Sriwijaya dan Palembang Square Mal," katanya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)