Kisah Sunan Ngudung, Panglima Perang Demak yang Gugur saat Memimpin Penyerangan ke Majapahit

Senin, 04 Juli 2022 - 04:55 WIB
loading...
Kisah Sunan Ngudung, Panglima Perang Demak yang Gugur saat Memimpin Penyerangan ke Majapahit
Makam Sunan Ngudung yang ada di Jalan Syech Jumadil Kubro No. 10, Kedaton, Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Foto/Dok. disparpora.mojokertokab.go.id
A A A
Kesultanan Demak, terlibat konfrontasi dengan Kerajaan Majapahit. Konfrontasi yang berujung pada peperangan ini, terjadi saat kejayaan Kerajaan Majapahit mulai surut. Pasukan Kesultanan Demak yang menyerang Majapahit tersebut, dipimpin Imam Masjid Agung Demak, Sunan Ngudung.



Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Prihananto dalam tulisannya yang diterbitkan Khazanah, dengan berjudul "Tari Jaranan: Kreasi Sunan Ngudung Untuk Berdakwah", mengulas bagiamana peran penting Sunan Ngudung dalam peperangan Kesultanan Demak, melawan Majapahit.



Prihananto menyebut, kisah kepemimpinan Sunan Ngudung dalam peperangan Kesultanan Demak, menghadapi Majapahit tersebut, termuat dalam "Kitab Ahla al Musamarah fi Hikayat al Auliya al 'Asyrah" karangan Syekh Abu Fadhol.



Peperangan Kesultanan Demak, melawan Majapahit ini, juga termuat dalam Babad Kerajaan Banten. Di mana, dalam babad tersebut dituliskan, konfrontasi antara Demak dengan Majapahit terjadi beberapa tahun. Imam Masjid Demak, Sunan Ngudung, berperang melawan Majapahit yang disebut berafiliasi dengan pasukan dari Klungkung, Pengging dan Terung.

Pertempuran hebat antara Kesultanan Demak menghadapi Majapahit ini, juga direkonstruksi dalam bentuk kesenian tari jaranan. Sunan Ngudung, yang memiliki nama asli Raden Utsman Haji tersebut, dikenal menjadi panglima perang yang sangat handal di zamannya.

Sunan Ngudung tak hanya handal sebagai panglima perang, namun dia juga memiliki jejak sejarah sebagai penyebar ajaran Islam di wilayah Tuban, tepatnya di wilayah Desa Wadung, Kecamatan Soko.



Dalam tulisannya, Prihananto menyebut, budayawan Nadlatul Ulama (NU), Agus Sunyoto mencatat jejak dakwah Sunan Ngudung adalah pencipta tari jaranan atau jatilan. Tari jaranan digunakan sebagai media dakwah keliling, untuk mengumpulkan warga di lapangan desa.

Setelah warga berkumpul di lapangan, kemudian warga diajak untuk membaca kalimat syahadat. Dakwah yang akulturalif ini, menginspirasi penyebar Islam setelah Sultan Ngudung. Hal itu salah satunya dapat dilihat dari cara berdakwah putra Sunan Ngudung, Sunan Kudus.

Dalam karya ilmiahnya, Prihananto juga menyebut, Raden Utsman Haji atau Sunan Ngudung, memiliki hubungan kekerabatan dengan waliyullah lainnya. Raden Utsman Haji adalah putra dari Raja Pandito, saudara Raden Rahmat atau Sunan Ampel dan Siti Zaenab.



Raden Utsman Haji adalah putra dari Raden Raja Pandito saudara Raden Rahmat atau Sunan Ampel, dan Siti Zaenab. Tiga bersaudara, yakni Raden Raja Pandito, Raden Rahmat atau Sunan Ampel, dan Siti Zaenab adalah putra-putri dari Ibrahim al Asmar yang menikah dengan Condrowulan Binti Raja Campa.

Garis keturunan Sunan Ngudung, menurut Prihananto apabila ditarik ke atas, maka akan muttashil atau terhubung hingga ke Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam, melalui jalur Sayyidah Fatimah al Zahra berputra Zainul Abidin berputra Zainul Hakam berputra Zainul Husain berputra al Zain al Kabir berputra Najmudin al Kabir berputra Najmudin al Kabir berputra Syam'un berputra Ustar berputra Abdullah berputra Abdurrahman berputra Mahmud Akbar berputra Najmuddin Akbar, kemudian berputra Ibrahim al Asmar.

Dalam memimpin penyerangan ke Majapahit, Sultan Ngudung akhirnya gugur. Dilansir dari kisahsejarah.id, disebutkan dalam Babad Majapahit dan Para wali, Sunan Ngudung menjadi panglima perang Kesultanan Demak, ketika bertempur melawan Kerajaan Majapahit.



Raja Kesultanan Demak, Raden Patah melakukan penyerangan ke Majapahit, diduga karena Majapahit telah jatuh ke tangan Kerajaan Kadiri. Saat Majapahit jatuh ke tangan Kadiri, rajanya adalah Brawijaya V yang merupakan ayah kandung Raden Patah.

Saat Raden Ngudung melakukan pertempuran dengan Kerajaan Majapahit, pasukan Kerajaan Majapahit dipimpin Raden Kusen yang merupakan adik tiri dari Raden Patah. Raden Kusen adalah seorang muslim, yang mengabdi di Kerajaan Majapahit, sebagai Adipati Terung.

Setelah Sunan Ngudung gugur dalam pertempuran tersebut, Raden Patah akhirnya menugaskan putra Sunan Ngudung, yakni Sunan Kudus menjadi panglima perang. Berkat kepemimpnan Sunan Kudus inilah, akhirnya Kesultanan Demak mampu mengalahkan Majapahit yang kala itu sudah berada di bawah kekuasaan Kadiri.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1630 seconds (0.1#10.140)