Dugaan Marak Pungli, Perindo Kabupaten Cirebon Buka Kotak Suara Pengaduan PPDB

Jum'at, 01 Juli 2022 - 12:07 WIB
loading...
Dugaan Marak Pungli, Perindo Kabupaten Cirebon Buka Kotak Suara Pengaduan PPDB
Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Cirebon, Ibnu Saechu mengatakan, dugaan kuat maraknya praktek pungutan liar dalam PPDB mengundang keprihatinan semua pihak. Foto/MPI/Nur Khabibi
A A A
CIREBON - Memasuki tahun ajaran baru, peserta didik dan orang tua akan berjuang untuk mendapatkan kursi di sekolah favorit di masing-masing daerah. Mereka pun akan disibukkan dengan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Momen tersebut kadangkala dimanfaatkan oleh oknum-oknum untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. Salah satunya dengan mengadakan pungutan liar (pungli) dalam pelaksanaan PPDB.



Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Cirebon, Ibnu Saechu mengatakan, dugaan kuat maraknya praktek pungutan liar dalam PPDB mengundang keprihatinan semua pihak.

Sekolah yang harusnya dijadikan tempat membangun moral dan karakter siswa diciderai praktek yang justru mencoreng wajah dunia pendidikan.



Dia melanjutkan, lingkungan sekolah seharusnya bisa memberikan keteladanan kepada peserta didik sebagai tunas bangsa penerus kepemimpinan masa depan, bukan malah mencontohkan perilaku koruptif.

"Saat musim PPDB mafia berkedok calo bergentayangan menawarkan kursi sekolah dengan tarif tertentu. Gayung pun bersambut karena banyak siswa atau atau orang tua siswa yang ingin anaknya bisa masuk ke sekolah favorit. Jalan pintas pun ditempuh meski harus membeli kursi dengan tarif mahal," kata Saechu kepada MNC Portal Indonesia (MPI) dikutip Jumat (1/7/2022).



"Di salah satu sekolah bonafide di Kota Cirebon kabarnya ada calo yang menawarkan kursi sekolah hingga belasan juta rupiah. Adanya mafia pendidikan membuat suburnya ajang bisnis dalam PPDB. LSM, Ormas, pejabat hingga anggota dewan yang terhormat disinyalir ikut bermain," ucapnya menambahkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)