Dampak Gelombang Rossby Ekuator, Timor Tengah Selatan Tergenang Air

Kamis, 30 Juni 2022 - 20:31 WIB
loading...
Dampak Gelombang Rossby Ekuator, Timor Tengah Selatan Tergenang Air
Hujan lebat yang terjadi akibat gelombang Rossby Ekuator menyebabkan sebagian wilayah Timor Tengah Selatan, NTT tergenang air. Foto/iNews TV/Sefnat Besie
A A A
TIMOR TENGAH SELATAN - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi akibat gelombang Rossby Ekuator menyebabkan sebagian wilayah selatan Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai tergenang air.

Gelombang Rossby Ekuator meningkatkan pertumbuhan awan konvektif di wilayah NTT sehingga memicu terjadinya hujan sedang hingga lebat.



Meskipun genangan air baru setinggi 10 centimeter di beberapa titik namun sempat membuat warga setempat kuatir.

Kepala BPBD Timor Tengah Selatan, Yery Nakamnanu saat dikonfirmasi mengatakan, dampak badai mengakibatkan terjadi genangan air di pemukiman masyarakat tepatnya di Desa Toineke, Kecamatan Kualin.

"Namun kondisi saat ini air sudah surut, ketinggian air sekitar 5 sampai 10 cm tergantung dari intensitas hujan, bila hujan lebat maka genangan air semakin tinggi," ujarnya.



Meski demikian Yery memastikan tidak ada korban jiwa dan materi. Namun BPBD tetap mengimbau warga agar tetap waspada dan tidak panik.



"Kami sudah turun ke lokasi, guna memantau kondisi disana, kita himbau masyarakat agar tetap waspada dan jika ada bencana segera melaporkan ke pemerintah melalui BPBD," pintanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2607 seconds (0.1#10.140)