Sekda Ema Jamin Hewan Ternak di Bandung Layak Dibeli dan Konsumsi

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:50 WIB
loading...
Sekda Ema Jamin Hewan Ternak di Bandung Layak Dibeli dan Konsumsi
Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna meminta masyarakat tidak terlalu khawatir terhadap hewan ternak yang akan dipakai berkurban.

Jika hewan tersebut memenuhi persyaratan dan berlabel, maka dipastikan telah layak dibeli dan dikonsumsi.

"Masyarakat jangan ragu kita berusaha maksimal hewan hewan yang ada di Kota Bandung sehat dan layak dibeli dan dikonsumsi," kata Ema.

Baca juga: 2 Gerai Holywings di Kota Bandung Tutup Atas Inisiatif Sendiri

Diketahui, untuk sapi yang akan dijadikan hewan kurban telah melewati proses pemeriksaan akan diberi tanda pemindai (barcode) untuk dinyatakan kesehatannya. Barcode tersebut berisi histori hewan kurban yang akan dijual yang dapat diakses melalui aplikasi e-selamat.



Kendati begitu, Ema berpesan kepada para peternak, untuk terbuka kepada masyarakat terhadap kesehatan hewannya. Selain itu, penerapan pola hidup sehat di lingkungan peternakan perlu dilakukan dengan baik.

"Tingkatkan pola hidup sehat di lingkungan peternakan, selalu diberlakukan penyemprotan disinfektan supaya terjaga aspek kesehatannya," ujarnya.

Baca juga: Kota Cimahi Waspadai Hewan Kurban dari Luar Daerah, 8 Check Point Disiapkan

Sementara itu, Pemilik Peternakan di Cicendo, Ade Anwar mengatakan, sapi-sapi yang ada di kandang ini dalam keadaan sehat dan tidak pernah terpapar PMK.

Ade mengungkapkan, terdapat 14 ekor sapi dipeternakannya. Ia berharap, vaksinasi hewan terus dilakukan pemerintah agar hewan ternak dapat terhindar dari penyakit PMK.

“Alhamdulillah, di kami tidak pernah terpapar PMK. Semoga vaksinasi seperti ini terus dilakukan, biar hewan hewan tidak ada lagi yang terkena (penyakit PMK),” ucapnya.
(nic)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1156 seconds (10.101#12.26)