Kapolda NTB, YTBN dan Bupati Lombok Barat Resmikan Fasilitas Air Bersih di Dusun Aik Mual

Senin, 27 Juni 2022 - 16:19 WIB
loading...
Kapolda NTB, YTBN dan Bupati Lombok Barat Resmikan Fasilitas Air Bersih di Dusun Aik Mual
Kapolda NTB dan Bupati Lombok Barat meninjau fasilitas air bersih di Desa Aik Mual. (Ist)
A A A
LOMBOK BARAT - Setelah sebelumnya membangun SD Aik Mual pada tahun 2016 untuk mendukung layanan pendidikan di Dusun Aik Mual, Lombok Barat, Yayasan Tunas Bakti Nusantara (YTBN) melalui kegiatan bakti nusantara kembali ke daerah ini. Bersamaan dengan kegiatan bakti nusantara, diresmikan pula fasilitas air bersih oleh Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), YTBN, dan Bupati Lombok Barat.

Fasilitas air bersih yang dibangun mencakup tandon air dan toilet komunal untuk membudayakan penggunaan toilet, pengairan yang dapat digunakan untuk budidaya perikanan tawar (tidak memerlukan banyak air), serta hortikultura (tanaman obat keluarga dan hidroponik). kondisi kontur wilayah yang berbukit-bukit dan minimnya infrastruktur menyebabkan air sulit untuk didapat oleh masyarakat.

"Saat ini, satu-satunya sumber air bersih warga berasal dari sumur resapan yang jaraknya 1 km dari rumah warga dan menyebabkan 90% warga di dusun aik mual tidak memiliki fasilitas toilet. pembangunan fasilitas air bersih menjadi wujud komitmen polda ntb dalam membantu masyarakat, menghadirkan sumber air bersih dan pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)," kata Direktur Binmas Polda NTB Kombes Pol Dessy Ismail dalam keterangannya, Senin (27/6/2022).

Ketua YTBN Teguh Dwi Nugroho mengatakan melalui bakti nusantara, pihaknya berupaya mewujudkan program-program berkelanjutan yang memberikan dampak yang signifikan bagi warga.

"Tidak hanya membangun fasilitas fisik seperti sekolah, Puskesmas, dan fasilitas kesehatan, bakti nusantara juga berkomitmen meningkatkan kualitas sumber daya manusia, menggali kemunculan pemimpin-pemimpin lokal yang lebih memahami daerahnya, lebih rendah hati, dan lebih mampu mencari solusi aplikatif sesuai kondisi di sekitarnya," ujat Teguh.

Baca: Polisi Gagalkan Peredaran 20 Kg Sabu di Bandung Raya, Tersangka Terancam Hukuman Mati.

Sementara Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid mengapresiasi Polda NTB dan YTBN yang telah membangun fasilitas air bersih dan menyelenggarakan bakti nusantara di Dusun Aik Mual. Selama ini pemerintah kabupaten telah berupaya keras memajukan infrastruktur fisik dan sumber daya manusia di berbagai penjuru Lombok Barat.

"Kolaborasi berbagai pihak sangat membantu kami meningkatkan kualitas hidup masyarakat, menjadi komplemen jalan-jalan, sekolah, fasilitas kesehatan yang saat ini mulai kami percepat perbaikannya. ke depan, kami berharap lebih banyak kolaborasi dilakukan, juga mohon kelancaran agar pemkab lombok barat dapat semakin cepat dan luas menyediakan layanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat," sebut Fauzan.

YTBN dengan semangat inklusifnya menggandeng 100 relawan dari seluruh Indonesia, bahkan luar negeri, di berbagai bidang untuk bergotong royong bagi kesejahteraan warga Dusun Aik Mual.
(nag)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1813 seconds (11.210#12.26)