Pacu Digitalisasi dan Kolaborasi, Jasa Raharja Sukses Bukukan Laba Rp1,6 T

Senin, 27 Juni 2022 - 11:44 WIB
loading...
Pacu Digitalisasi dan Kolaborasi, Jasa Raharja Sukses Bukukan Laba Rp1,6 T
Direktur Utama PT Jasa Raharja, Rivan A Purwantono. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - PT Jasa Raharja sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN)penyelenggara program sosial perlindungan dasar kecelakaan penumpang dan lalu lintas jalan, menorehkan capaian kinerja positif Tahun 2021.

Direktur Utama PT Jasa Raharja, Rivan A Purwantono mengatakan transformasi digital dan efisiensi yang sejalan dengan arah kebijakan Kementerian BUMN menjadi strategi utama untuk mencapai kinerja positif dengan perolehan laba bersih namun dengan tetap meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.

Kinerja sektor pendapatan menjadi penyumbang terbesar kinerja positif Jasa Raharja Tahun 2021 dimana pendapatan Tahun 2021 mengalami kenaikan sebesar 4,58 persen dibandingkan periode tahun 2020.

Program intensifikasi pendapatan bersama mitra kerja serta pengembangan Aplikasi Samsat Digital Nasional (SIGNAL) dan pengelolaan investasi yang aman menjadi faktor utama.



Lebih lanjut, Rivan memaparkan transformasi digital bersama mitra kerja melalui pengembangan Aplikasi Samsat Digital Nasional (SIGNAL) diharapkan akan menjadi Bank Data dan digitalisasi Road Tax dapat menjadi salah satu alat Electronic Vehicle Identification yang memungkinkan menjadi Modern Road Payment System pada seluruh transaksi di jalan.

Sebagai perusahaan plat merah dengan misi sosial, Jasa Raharja terus berusaha untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dimana tahun 2021 Jasa Raharja menyerahkan santunan total sebesar Rp2,41 triliun naik sebesar 3,2 persen dibandingkan tahun 2020.

Kenaikan penyerahan dana santunan ini diikuti dengan peningkatan kualitas layanan dimana santunan korban meninggal dunia rata-rata diselesaikan dalam waktu 1 hari 10 jam lebih cepat 4 jam dari tahun 2020. Dengan waktu proses untuk penyelesaian pengajuan santunan rata-rata 14 menit.

Transformasi digital melalui pengembangan aplikasi JRKu dan Sistem Verifikasi Rawatan (Sivera) serta integrasi sistem pelayanan santunan dengan Korlantas Polri, Sistem Kependudukan dan catatan sipil, BPJS Kesehatan, Rumah Sakit dan Perbankan akan menjadi faktor utama.

Hal ini tentunya menjadi angin segar bagi masyarakat dimana kinerja positif ini menjadi jaminan kemampuan Negara dalam memberikan perlindungan kepada warganya dalam beraktivitas dijalan raya maupun sektor transportasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3195 seconds (0.1#10.140)