Mentan Sebut Harga Cabai Naik karena Momen Idul Adha dan Faktor Cuaca

Minggu, 26 Juni 2022 - 18:07 WIB
loading...
Mentan Sebut Harga Cabai Naik karena Momen Idul Adha dan Faktor Cuaca
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait naiknya harga cabai di Maros, Minggu (26/6/2022). Foto: iNewsTV/Wahyu Ruslan
A A A
MAROS - Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo menyatakan, akan terus berupaya mengatasi disparitas harga pangan yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir ini.

Dia pun menanggapi kenaikan harga sejumlah bahan pokok, khususnya komoditas cabai disebabkan adanya momen idul adha dan faktor cuaca.

Baca juga: Masih Rp100 Ribu Per Kg, Harga Cabai Diprediksi Normal Agustus

Syahrul mengungkapkan, antara data stok ketersediaan dengan kebutuhan masih terbilang seimbang, hanya saja ada sejumlah faktor yang mempengaruhi minimnya pasokan seperti kondisi cuaca yang tidak menentu dan momen Idul Adha.



“Data ketersediaan stok dibanding kebutuhan, masih seimbang, namun hanya saja karena adanya momen Idul Adha dan juga kondisi cuaca yang tidak bersahabat ikut memengaruhi ketersediaan stok di pasaran,” bebernya saat menghadiri acara Pra Penas di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Minggu (26/6/2022).

Diketahui, sejak beberapa pekan terakhir, harga sejumlah komoditas khususnya cabai memang melonjak drastis di sejumlah pasar tradisional khususnya di Kabupaten Maros, harga cabai sudah menembus Rp100 ribu per kilogram.

Baca juga: Harga Sejumlah Komoditas Pertanian Melonjak Naik, Ini Hasil Identifikasi BI Sulut

Selain cabai harga bahan pangan seperti tomat bawang merah juga mengalami kenaikan.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo pun berpesan kepada seluruh kelompok tani se-Indonesia untuk terus meningkatkan produktivitas pertanian sebagai upaya mengantisipasi tantangan krisis pangan dunia yang telah terjadi saat ini.
(nic)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1867 seconds (11.97#12.26)