alexametrics

Heroik! Kades di Blitar Bantu Warga Melahirkan di Pinggir Jalan

loading...
Heroik! Kades di Blitar Bantu Warga Melahirkan di Pinggir Jalan
Kepala Desa Pasirharjo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Chusana saat membantu persalinan warganya di tepi jalan. Foto/iNews TV/Robby Ridwan
A+ A-
BLITAR - Kepala Desa Pasirharjo, Chusana melakukan aksi heroik membantu proses persalinan warganya di tepi jalan. Aksi kepala desa tersebut viral, setelah seorang warga merekamnya.

(Baca juga: Bayi Dari Perawat yang Meninggal Akibat COVID-19 Masih Kritis)

Video amatir proses persalinan di tepi jalan Desa Pasirharjo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar tersebut, tersebar diberbagai medis sosial (Medsos). Dari video itu terlihat sang kepala desa dengan cekatan membantu bidan desa melakukan proses kelahiran dengan perlengkapan seadanya.

Wanita yang diketahui bernama Siti Aminah tersebut, hanya bisa tergeletak di tepi jalan sambil menunggu proses persalinannya selesai. Dia dan bayi laki-lakinya akhirnya selamat, dan kini menjalani perawatan intensif di Puskesmas Talun.



"Saya juga tidak sengaja melihat ibu tersebut sudah mau melahirkan, dan terlihat kepala bayinya sudah keluar. Takut bayinya jatuh ke tanah, akhirnya saya bantu ibu itu," ujar Chusana.

(Baca juga: 8 Pemandu Lagu Seksi Dicokok Satpol PP Lamongan Saat Temani Tamu)



Siti Aminah mengaku, sudah merasakan tanda-tanda akan melahirkan, namun bidan yang ada di dekat rumahnya sedang pergi. Saat perjalanan mencari bidan untuk menolong persalinannya, ternyata si jabang bayi sudah keburu keluar.

Dia akhirnya terbaring di tepi jalan, dan dibantu Chusana untuk proses persalinan. Siti Aminah juga tidak menyangka kalau kepala desa tersebut begitu cekatan membantu proses persalinannya.

(Baca juga: Hendak Pulang, Pembantu Rumah Tangga di Rembang Tewas Kecelakaan)

Setelah bayinya lahir, warga yang mengetahui kejadian tersebut akhirnya mencari bidan desa untuk membantu memotong tali pusat sang bayi. "Ketubannya sudah pecah di jalan, beruntung ada Pak Kades yang menolong," ungkap Siti Aminah.

Sementara Kepala Puskesmas Talun, Chandra Susanti menyebutkan, kondisi ibu dan bayinya sehat. Saat ini keduanya berada di Puskesmas Talun untuk mendapatkan perawatan medis. "Kami masih melakukan observasi lanjutan, untuk memastikan ibu dan bayinya benar-benar sehat," ungkapnya.
(eyt)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak