Beternak Burung Unta, Warga Sleman Ini Raih Omzet Rp30 Juta per Bulan

Jum'at, 24 Juni 2022 - 08:49 WIB
loading...
Beternak Burung Unta, Warga Sleman Ini Raih Omzet Rp30 Juta per Bulan
Beternak burung unta ternyata cepat mendatangkan keuntungan. Ini sudah terbukti dilakukan Aswin Putra, seorang warga Sleman Langgoso yang sukses meraup keuntungan puluhan juta per bulan. Foto iNews
A A A
SLEMAN - Beternak burung unta ternyata cepat mendatangkan keuntungan. Ini sudah terbukti dilakukan Aswin Putra, seorang warga Sleman Langgoso yang sukses meraup keuntungan puluhan juta per bulan dari beternak burung unta.

Aswin mengaku sudah menggeluti ternak burung unta (Struthio Camelus) sejak 2017 silam. Penangkaran pun dilakukan Aswin di halaman rumahnya yang ada di Candi Gebang, Kalurahan Wedomartani, Ngemplak Sleman. Baca juga: Mengambil Hikmah dari Perilaku Burung Unta yang Unik



Kini dia memiliki beberapa ekor burung unta baik anakan maupun indukan. Menurutnya, perawatan burung unta sangat mudah seperti merawat unggas lainnya. Begitu juga pakan yang diberikan juga tidak jauh berbeda.

Hanya telur yang dihasilkan harus ditetaskan dengan alat bantu. “Untuk menetaskannya, butuh mesin yang saya buat sendiri,” katanya.

Terpenting adalah menjaga kebersihan kandang. Biasanya dia akan membersihkan kandang pada pagi dan sore hari, bersamaan dengan memberikan pakan. Baca juga:



Anakan burung unta akan siap dilepas kepada konsumen ketika usianya sudah dua minggu. Sedangkan untuk dewasa tingginya bisa mencapai tiga meter. Baca juga: Bulukumba Optimalkan Potensi Sektor Peternakan Lewat Kampung Sapi

Burung unta banyak diburu konsumen untuk peliharaan atau dalam klangenan bagi orang Jawa. Namun sejatinya burung ini bisa diambil daging, kulit dan juga bulunya. Bahkan cangkang telurnya juga laku dijual.

Setiap bulannya, Aswin bisa mendapatkan penghasilan hingga Rp30 juta. “Untuk dewasa harganya mencapai puluhan juta dan sudah banyak terjual di seluruh Indonesiaa,” katanya.

Selain burung unta, Aswin juga beternak beberapa hewan langka lainnya, seperti burung merak, ayam american Silky dan ayam Poland atau ayam jambul.
(don)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0985 seconds (10.177#12.26)