Prakiraan Cuaca Jabar Seminggu Ini Berpotensi Angin Kencang dan Hujan Ekstrem

Senin, 20 Juni 2022 - 10:48 WIB
loading...
Prakiraan Cuaca Jabar Seminggu Ini Berpotensi Angin Kencang dan Hujan Ekstrem
Cuaca di Jawa Barat selama seminggu ke depan diprediksi berpotensi angin kencang dan hujan ekstrem.Foto/ilustrasi
A A A
BANDUNG - Kendati sebagian wilayah telah memasuki musim kemarau, namun kondisi cuaca Jawa Barat dalam sepekan ke depan diperkirakan masih terjadi hujan ringan hingga ekstrim disertai angin kencang.

Menurut Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Barat Indra Gustari mengatakan, berdasarkan kondisi perkembangan musim hingga akhir Mei 2022, wilayah Jawa Barat bagian utara telah memasuki musim kemarau, sedangkan wilayah Jawa Barat bagian tengah ada indikasi masuk musim kemarau sedangkan bagian selatan masih mengalami musim hujan.

"Masih ada potensi kejadian curah hujan dengan intensitas sangat lebat hingga ekstrem disertai angin kencang masih tinggi khususnya di wilayah Jawa Barat bagian tengah dan selatan," katanya.

Baca juga: Dua Bobotoh Tewas, PSSI Diminta Objektif dalam Investigasi Pengelolaan Stadion GBLA

Selain itu, masyarakat juga diminta waspada terhadap peningkatan potensi terjadinya angin puting beliung dan hujan es pada siang hingga sore hari. Kondisi tersebut ditandai dengan pemanasan kuat antara pukul 10.00 hingga 14.00 WIB yang mengakibatkan pembentukan awan konvektif dengan dasar awan yang gelap, puncak awan menjulang tinggi seperti kembang kol dan terkadang memiliki landasan pada puncaknya (awan jenis Cumulonimbus).

Lebih lanjut dia menjelaskan, pada pertengahan bulan Juni 2022, Nino 3.4 diperkirakan menunjukkan nilai normal sehingga kurang signifikan terhadap peningkatan hujan di sebagian besar wilayah Indonesia. MJO saat ini berada pada kuadran 1, hal ini mengindikasikan bahwa MJO dalam kondisi tidak signifikan di Indonesia.

Namun angin di wilayah Jawa Barat secara umum diperkirakan bertiup dari arah timur hingga tenggara. Sehingga kondisi labilitas atmosfer di wilayah Jawa Barat sepekan ke depan diperkirakan berada pada kategori labil lemah hingga sedang, sehingga masih terdapat potensi pertumbuhan awan konvektif di sebagian wilayah Jawa Barat.

"Labilitas lokal sedang hingga kuat diperkirakan masih mendukung proses konvektif pada skala lokal di wilayah Jawa Barat, " beber dia.

Berdasarkan perkembangan kondisi global, regional, dan probabilistik model diperkirakan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terdapat di sebagian kabupaten/kota di wilayah Jawa Barat untuk sepekan ke depan.

Potensi angin kencang terdapat di wilayah Jawa Barat bagian selatan pada sepekan ke depan. Sedangkan potensi hujan sangat lebat hingga ekstrem yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten dan Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Sumedang, dan lainnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)