Musim hujan, warga bantaran Code diminta waspada

Rabu, 06 November 2013 - 01:56 WIB
Musim hujan, warga bantaran Code diminta waspada
Musim hujan, warga bantaran Code diminta waspada
A A A
Sindonews.com – Warga yang tinggal di bantaran kali Code diminta meningkatkan kewaspadaan memasuki musim penghujan. Luapan air sungai dapat menggenangi sumur warga. Padahal, kondisi ini dapat menimbulkan penyakit diare.

“Saat musim hujan seringkali air sungai Code meluap dan menggenani sumur warga. Nah ini yang bahaya karena bisa menimbulkan diare,” kata Citraningsih, Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Kota Yogya, Selasa (5/11/2013).

Menurut dia, warga di sepanjang bantaran kali dapat meningkatkan kewaspadaan dengan memeriksa kondisi sumur. Misalnya dengan meninggikan dinding pelindung sumur. Sehingga air sungai tidak masuk dan mencemari air di dalam sumur.

Namun, jika nantinya luapan air terlanjut masuk dan mencemari dapat diberi klorina. Klorina dimasukkan ke dalam sumur yang sudah tercemar, agar dapat digunakan kembali untuk kebutuhan sehari-hari warga.

Dia menjelaskan, Dinas Kesehatan sudah menyiapkan diri menyambut datangnya musim penghujan baik dari sisi sarana prasarana maupun obat-obatan. Untuk mendukung optimalisasi pelayanan kepada msyarakat, lima puskesmas akan tetap buka pada hari minggu.

Selain itu satu puskesmas yakni Puskesmas Jetis akan dibuka untuk melyani pasien selama 24 jam. Sedangkan lima puskesmas ang buka pada hari minggu antara lain; Puskesmas Umbul Harjo I, Puskesmas Tegalrejo, Jetis, Mergangsan, dan puskesmas Gedongtengen.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.4009 seconds (0.1#10.140)