Hujan Es Guyur Wilayah Mandai Maros, Begini Penjelasan BMKG

Senin, 09 November 2020 - 17:28 WIB
loading...
Hujan Es Guyur Wilayah Mandai Maros, Begini Penjelasan BMKG
Butiran es yang dipungut seorang warga di Mandai, Kabupaten Maros. Hujan es melanda wilayah Maros pada Senin (9/11/2020). Foto: SINDOnews/Najmi Limonu
A A A
MAROS - Warga di Kelurahan Hasanuddin, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros dihebohkan dengan fenomena hujan es yang terjadi Senin (9/11/2020), sekitar pukul 14.30 Wita. Fenomena itu bersamaan dengan hujan lebat yang diikuti angin kencang yang terjadi dibeberapa wilayah di Maros.

Baca juga: Sejumlah Daerah Diguyur Hujan Es, Ini Penjelasan Dosen IPB University

Salah seorang warga, Michael menyampaikan, hujan es tersebut berlangsung sekitar 15 menit. Kejadian ini membuat warga sekitar lokasi kawasan bandara lama terkejut. Dia menuturkan, banyak warga yang memungut butiran es tersebut.

Kepala BMKG Kabupaten Maros , Hartanto menyampaikan, fenomena hujan es dipicu oleh kondisi atmosfer yang cenderung labil. Sehingga membuat pembentukan awan konvektif. Kondisi ini diikuti oleh hujan lebat dan angin kencang yang membuat butiran hujan menjadi es sampai ke permukaan. Dia menjelaskan, kondisi ini biasa terjadi di saat-saat musim peralihan seperti saat ini.

"Sebenarnya ini umum terjadi di masa-masa peralihan. Hanya lokasinya acak. Untuk hari ini yang terpantau dari radar kami keberadaan awan konfertif tersebut berada di kawasan Bandara lama," ujarnya.

Baca juga: Warga Heboh, Sekadau Diterpa Puting Beliung dan Hujan Es

Selama musim peralihan ini, dia meminta warga untuk tetap waspada dengan beberapa bencana yang akan terjadi. "Termasuk instansi terkait supaya segera melakukan antisipasi. Karena ada beberapa kecenderungan angin puting beliung yang akan terjadi di beberapa daerah," ujarnya.
(luq)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4484 seconds (10.55#12.26)